Pengabdian oleh Mahasiswa Dalam Mencegah Penyebaran Covid19 di Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha

Dibaca: 1665 kali  Rabu,12 Agustus 2020
Pengabdian oleh Mahasiswa Dalam Mencegah Penyebaran Covid19 di Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha
Ket Foto :

Saat diumumkanya kasus pertama pandemi Covid-19, pemerintah telah mulai menganjurkan untuk melakukan protokol kesehatan lebih untuk pemutusan penyebaran virus corona pada setiap wilayah di Indonesia. Anjuran ini harus dilakukan pada setiap tempat terutama pada tempat-tempat umum yang banyak disinggahi oleh orang, termasuk tempat ibadah.

Hingga Hari Raya Adha lalu pun, pemerintah juga terus menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan pencegahan penularan covid19 dari diri dan lingkungan. Dengan berdasar anjuran pemerintah dan juga kepedulian terhadap masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau di Kelurahan Pematangkapau melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menyemprotkan disinfektan di Masjid dan Mushalla yang ada di kelurahan tersebut.

Kelompok Kukerta Balek Kampung Universitas Riau ini terdiri dari 9 orang yaitu Hafiz Ramadhan, Josua Ginting, Camelia Hamidah, Sri Wahyuni, Elva Novitasari, Sy. Rizani Nurfasha, Amelia Putri Ponza, Nabilla Ananda Putri, Shafa Amirah Siregar dengan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Drs. Hendro Ekwarso, M.Si

Kelompok ini membuat sendiri disinfektan dari campuran air dan cairan disfektan yang sering digunakkan. Cairan disinfektan tadi kemudian dimasukkan ke dalam alat penyemprotan untuk kemudian disemprotkan ke seluruh bagian masjid dan mushalla sekitar 4 jam sebelum waktu shalat tiba.

“Penyemprotan ini dilaksanakan guna  mencegah penyebaran wabah covid-19, terlebih sebelim hari raya tiba tentu seluruh masjid dan mushalla harus disterilkan” ujar Sy. Rizani Nurfasha yang merupakan anggota kelompok Kukerta Balek Kampung di Kelurahan Pematangkapau.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari masyarakat dan RW pribadi, “Alhamdulillah ada mahasiswa  yang peduli dengan pandemi ini, semoga dengan adanya penyemprotan disinfektan ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 di daerah kita,” ucap ketua RW 13 di Kelurahan Pematangkapau

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »