Tim pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI melakukan pengecekan tekanan darah di desa Lubuk Muda

Dibaca: 1604 kali  Minggu,09 Agustus 2020
Tim pengabdian Kukerta Balek Kampung UNRI melakukan pengecekan tekanan darah di desa Lubuk Muda
Ket Foto :

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau di desa Lubuk Muda melaksanakan pemeriksaan kesehatan door to door (rumah ke rumah) pada Selasa (4/8). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lubuk Muda, tepatnya di Dusun Sungai Bengkuang. Sebelumnya, tim Kukerta melakukan kerjasama dengan pihak Puskesmas Desa Lubuk Muda, kemudian pihak Puskesmas memilih Dusun Sungai Bengkuang untuk dilakukan pendataan menggunakan kuisioner keluarga sehat, karena dusun ini dinilai masih sulit untuk menjangkau fasilitas kesehatan umum. Untuk ke puskesmas, warga harus menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Jalanan yang di lalui pun sebagian besar mengalami kerusakan sehingga cukup menyulitkan untuk dilewati terlebih saat hujan.

Kegiatan dimulai dengan bersilaturahmi dengan Kepala Dusun Sungai Bengkuang, setelah itu baru dilanjutkan dengan pengecekan tekanan darah dan pendataan kesehatan masyarakat setempat. Proses pendataan dilakukan dengan cara mengisi kuisioner yang telah disediakan oleh pihak Puskesmas. Selain itu, juga dilakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat agar masyarakat lebih peduli akan pentingnya memakai masker di era new normal ini. 

Dari hasil pendataan di 20 keluarga, secara umum kondisi kesehatan masyarakat cukup baik. Dari hasil pemeriksaan, tekanan darah masih dalam batas normal kecuali beberapa orang saja yang memiliki tekanan darah tinggi. Tidak ada anggota keluarga yang menderita penyakit paru seperti TBC. Sayangnya, kesadaran masyarakat mengenai kebersihan masih kurang, masih ada beberapa rumah yang belum menyediakan fasilitas jamban dirumahnya. Selain itu, meskipun ibu hamil melahirkan di rumah dengan bantuan bidan, pemantauan pertumbuhan balita cukup baik, bayi mendapatkan ASI eksklusif dan vaksin lengkap.

Ketua pelaksana, Hukmul Fikri menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendata tingkat kesehatan masyarakat Dusun Sungai Bengkuang sehingga pihak Puskesmas bisa mengevaluasi dan menentukan langkah kedepannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Kepala desa Lubuk Muda, "Saya sangat mengapresiasi kegiatan kkn ini, karna bisa membantu masyarakat dalam bidang kesehatan " ujar kepala desa lubuk muda.

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »