Tim Pengabdian Kukerta UNRI Melakukan Sosialisasi Aplikasi Daring ke SMP Negeri 1 Tanjung Medan

Tim Pengabdian Kukerta UNRI Melakukan Sosialisasi Aplikasi Daring ke SMP Negeri 1 Tanjung Medan


(Sabtu, 18 Juli 2020) - Pandemi covid-19 telah merubah sistem pembelajaran di dunia pendidikan. Bukan hal yang tabu jika saat ini semua serba online termasuk proses pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi. Salah satu tujuan Tim Kukerta Balek Kampung Desa Tanjung Medan LPPM UNRI 2020 berkunjung ke SMP Negeri 1 Tanjung Medan yakni melakukan pelatihan kepada guru dalam penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran secara online.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh kepala sekolah yakni Ibu Adria Noviati S.Pd yang juga membantu dalam mengarahkan dan membimbing pelatihan tersebut. 

Pelatihan Tim Kukerta Balek Kampung Desa Tanjung Medan LPPM UNRI 2020 mulai pada pukul 09.00 WIB di ruang guru dan dipandu oleh salah satu anggota Tim Kukerta Balek Kampung Desa Tanjung Medan LPPM UNRI 2020 yakni Puspa Indriani yang menjadi tutor dalam pelatihan. Untuk aplikasi yang kami tawarkan yakni Zoom meeting dan Classroom. 

Mahasiswa yang lain membantu guru menggunakan android yang digunakan dan dihubungkan ke penggunaan aplikasi yang akan dijelaskan. 

Semua guru terlihat antusias dalam melaksanakan pelatihan ini termasuk Ibu Ad kepala sekolah SMP tersebut. Step by step dilakukan hingga selesai. 

Pelatihan ini berakhir pada pukul 12.00 WIB, kemudian diadakan makan bersama di ruangan tersebut. 

Setelah ISHOMA, Ibu Ad memberikan berbagai arahan serta pendapatnya.
"Bagus untuk aplikasi yang diajarkan, namun tentunya kita berfikir lagi bahwa tidak semua memiliki android dan jaringan yang memadai apalagi jika diterapkan kepada siswa. Semoga ini juga menjadi pertimbangan bagi pemerintah" Tegasnya.

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan guru dalam menggunakan aplikasi daring yang nantinya akan digunakan jika pembelajaran jarak jauh di terapkan di desa tersebut.

Berita Lainnya

Index