Tim KUKERTA Balek Kampung UNRI Melakukan Kegiatan Penyerahan dan Peletakkan Tempat Cuci Tangan

Dibaca: 1901 kali  Rabu,05 Agustus 2020
Tim KUKERTA Balek Kampung UNRI Melakukan Kegiatan Penyerahan dan Peletakkan Tempat Cuci  Tangan
Ket Foto :

Kkndesasorekduasite – Kegiatan penyerahan dan peletakkan tempat cuci tangan di kantor desa Sorek Dua dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Agustus 2020 pada pukul 12.00-14.00 WIB. Kegiatan penyerahan dan peletakkan tempat cuci tangan merupakan bagian dalam program kerja yang keempat Edukasi Kesehatan Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau, tujuan adanya kegiatan tersebut yaitu sebagai upaya mendukung pemerintah dalam anjuran protokol kesehatan pada masa new normal di masa pendemi covid-19 saat ini. 

Protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam situasi pendemi wabah covid-19 di masa new normal saat ini mewajibkan masyarakat untuk  melakukan tiga hal penting yaitu menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, melakukan social distancing yaitu menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan oranglain, dan wajib menggunakan masker disetiap aktivitas di luar ruangan.

Dalam mendukung salah satu aturan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, maka dengan itu Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau, membuat tempat cuci tangan yang akan diserahkan kepada desa Sorek Dua, yang mana tempat cuci tangan tersebut diletakkan di depan kantor desa Sorek Dua agar nantinya masarakat di desa Sorek Dua saat mengunjungi kantor desa sebelum memasuki kantor desa dan setelah memasuki kantor desa dapat mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu rajin mencuci tangan.

Mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan pribadi setiap orang, dikarenakan mencuci tangan yang baik dan benar merupakan suatu langkah pertama dalam mencegah dan melawan penyebaran penyakit. Saat seseorang mencuci tangan nya secara rutin dengan cara yang baik dan benar, maka hal sederhana mencuci tangan tersebut dapat sangat membantu pribadi nya sendiri dalam mencegah penyebaran penyakit mulai dari flu biasa ringan hingga infeksi yang lebih serius, seperti meningitis, bronchiolitis, flu, hepatitis A, diare hingga virus corona (covid-19) untuk masuk ke dalam tubuhnya.

Pada masa pendemi virus corona (covid-19) saat ini merupakan hal yang penting dalam mencegah penyebaran virus corona. Virus corona merupakan virus yang tidak dapat bertahan lama di udara, namun karena kurangnya kesadaran banyak masyarakat umum dalam melakukan cuci tangan dengan sabun yang baik dan benar sehingga penularan virus corona ini menyebar secara cepat. Tangan merupakan media atau agen pembawa kuman penyakit termasuk virus corona pada saat ini, melalui sentuhan dari telapak tangan antara satu orang dengan yang lainnya dapat menyebabkan pathogen yang berada di tangan salah seseorang berpindah ke tangan orang lain yang melakukan sentuhan tangan dengan nya. 

Mencuci tangan bukan sekedar mencuci tangan dengan air semata bukan lah hal yang baik atau efektif untuk dilakukun, namun haruslah menggunakan sabun saat melakukan akivitas mencuci tangan tersebut. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun memerlukan waktu yang sedikit lebih banyak dibandingkan tanpa menggunakan sabun. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangat lah efektif dilakukan karena mencuci tangan dengan sabun tersebut lemak dan kotoran beserta segala jenis kuman pathogen yang berada di telapak tangan, punggung tangan dan sela-sela jari akan lepas Karena terjadi pergesekan saat tangan digosokkan. 

Kegiatan penyerahan tempat cuci tangan di kantor Desa Sorek dua langsung diserahkan kepada kepala desa beserta perangkat desa, posisi peletakkan tempat cuci tangan sendiri diletakkan di posisi depan sesuai dengan diskusi Tim KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau bersama dengan kepala desa dan perangkat desa

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »