Masyarakat Desa Sungai Panji-Panji Rokan Hilir Merasa Senang Dengan Adanya Mahasiswa KKN UIN Suska

Masyarakat Desa Sungai Panji-Panji  Rokan Hilir Merasa Senang Dengan Adanya Mahasiswa KKN UIN Suska

Rokan Hilir-Warga Desa Sungai Panji-Panji Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir, merasa senang dengan adanya mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) UIN Suska Riau tahun 2020 ini di desanya. Mereka merespon baik atas kehadiran dan program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN yang dinilai sangat membantu masyarakat.

Pelaksanaan KKN tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan di lapangan dan jumlah anggota dibatasi karena harus mengikuti prosedur kesehatan ditengah pandemi covid 19 yang belum sirna di negeri tercinta ini.

Namun walaupun demikian, kegiatan dan program kerja yang dilakukan mahasiwa KKN-DR di desa Sungai Panji-Panji tetap bisa berkonstribusi baik dalam membantu kegiatan sosial dan ibadah di desa ini. Program kerja yang dilakukan diantaranya membantu mengkoordinir pembagian kupon hewan kurban, membagi-bagikan masker ke masyarakat dan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah.

Ketua pelaksana kurban Muhtarom mengatakan “ Kegiatan kurban tahun ini lebih tertib dan lebih terkoordinir karena dibantu anak-anak KKN, tahun lalu rusuh karena nggak terkoordinir,” katanya. (Sabtu, 1 Agustus 2020).

Muhtarom juga mengapresiasi atas kepedulian mahasiswa KKN yang sudah membagi-bagikan masker gratis kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona.” Tahun ini kegiatan kurban lebih tertib da nada juga pembagian masker gratis, kami berharap tahun depan ada lagi anak KKN di sini,” tutupnya.

Senada dengan Muhtarom selaku warga desa Sungai Panji-Panji Kamin, ia juga memberikan pendapat yang baik atas kehadiran mahasiswa KKN di desanya, “ Kegiatan kurban tahun ini lebih tertib dan ada juga pembagian masker dari mahasiswa KKN, sangat baguslah,” ungkapnya.

Apa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di desa Sungai Panji-Panji ini adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk pengamalan ilmu yang telah diperoleh dan sebagai upaya membantu kerja pemerintah dalam menangani wabah yang melanda Indonesia dan dunia saat ini. Semoga apa yang dilakukan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, pemerintah dan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN sendiri. 

Mahasiswa yang KKN di desa Sungai Panji-Panji berjumlah 3 orang, diantaranya Anggi Dwi Safitri, Uci Miftahul Jannah dan Ulfa Novita. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelaksanaan KKN tahun ini di tengah pandemi memang berbeda dari tahun sebelumnya, baik dari segi pelaksanaan maupun jumlah kelompok.

Penulis : Uci Miftahul Jannah, mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Berita Lainnya

Index