Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Air Dingin Lakukan Sejumlah Kegiatan Lawan Covid-19

Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Air Dingin Lakukan Sejumlah Kegiatan Lawan Covid-19

Sebanyak lima mahasiswa Universitas Riau yang tergabung dalam tim kukerta relawan desa lawan Covid-19 melakukan sejumlah kegiatan lawan covid-19 di Kelurahan Air Dingin. Kegiatan kerelawanan ini adalah bentuk dari Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang telah diarahkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. Tim Kukerta relawan desa lawan covid-19 ini dibimbing oleh bapak Dr Muhardi, S.T., M.Sc selaku dosen pembimbing lapangan tahun 2020. 

Dijelaskan Nabhila Putri Nevia, rangkaian kegiatan kukerta relawan covid-19 dilaksanakan selama 15 hari yang meliputi kegiatan pemberian edukasi masyarakat mengenai covid-19, ikut serta dalam pendistribusian bantuan sembako untuk masyarakat,  pembagian masker kain gratis, penyemprotan disinfektan bersama DPKP Pekanbaru, dan penjagaan posko relawan covid-19 di Kelurahan Air Dingin. 

“Kegiatan KKN ini sudah dimulai sejak tanggal 15 Mei 2020, dimana kegiatan pertama yang kami lakukan adalah ikut serta membantu pendistribusian sembako dari forum RT/RW Kelurahan Air Dingin” jelas Nabhila. 

“Selama kegiatan kukerta berlangsung, mahasiswa didukung penuh oleh perangkat Kelurahan Air Dingin, bhabinkamtibmas, dan relawan peduli covid-19 yang ada di Kelurahan Air Dingin” tambah Nabhila. 

“Disamping menjalankan program kerja yang kami tetapkan seperti pemberian edukasi masyarakat dan pemberian masker kain gratis. Kami juga membantu kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak kelurahan dan relawan yaitu seperti pembagian sembako kepada warga yang terdampak covid-19, penyemprotan disinfektan, serta piket penjagaan posko relawan peduli covid-19 yang berlokasi tepat di kantor Kelurahan Air Dingin. Kami turut berkontribusi penuh dalam mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan contohnya untuk masyarakat yang berkunjung ke kantor lurah kami akan mengimbau untuk menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan dan juga menjaga jarak antar sesama” ungkapnya. 

Kegiatan kukerta yang dilaksanakan oleh mahasiswa UNRI di Kelurahan Air Dingin ini rampung dilaksanakan selama 15 hari dan secara resmi dilakukan penutupan pada tanggal 10 Juli 2020 yang dihadiri oleh Kepala Kelurahan Air Dingin, Ketua Relawan Peduli Covid-19, serta mahasiswa relawan lainnya.
 
“Kehadiran mahasiswa kukerta relawan covid-19 Universitas Riau di Kelurahan Air Dingin ini sangat membantu pihak kelurahan dan juga relawan dalam mencegah penyebaran covid-19. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa disamping membantu pihak kelurahan, mahasiswa juga melaksanakan program kerja yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami sangat berterima kasih atas kegiatan kerelawanan yang telah dilakukan oleh mahasiswa” ujar Kepala Kelurahan Air Dingin.

Berita Lainnya

Index