208 Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

Dibaca: 1950 kali  Selasa,07 Juli 2020
208 Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Kasus Covid-19 pertama kali ditemukan di Riau pada Maret lalu. Total hingga saat ini pasien positif di Bumi Lancang Kuning berjumlah 234 orang. Dari jumlah itu, 208 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Alhasil pasien positif yang masih menjalani perawatan saat ini tinggal 16 orang. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, saat ini tingkat kesembuhan pasien di Riau sudah mencapai 88,9 persen. 

"Alhamdulillah tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau terus meningkat. Saat ini sudah mencapai 88,9 persen. Sedangkan tingkat kematian 4,3 persen," katanya. 

Selain jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh terus bertambah, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) atau orang yang suspect juga terus turun. Saat ini PDP yang masih menjalani perawatan sebanyak 75 orang. 

"PDP yang masih dirawat 75 orang. Yang sembuh 1.932, meninggal 192. Sehingga total PDP di Riau sebanyak 2.199," jelasnya. 

Mimi juga menjelaskan, hingga saat ini Kota Pekanbaru masih menjadi daerah yang paling banyak ditemukan pasien positif, yakni 88 orang. Kemudian Indragiri Hilir 45 orang, Dumai 27 orang, Bengkalis 19 orang, Kampar 14 orang, Kepulauan Meranti 12 orang. 

"Kemudian untuk Kabupaten Kuansing 10 orang, Pelalawan sembilan orang, Siak empat orang, Indragiri Hulu empat orang serta Rokan Hulu dua orang. Untuk kabupaten yang hingga saat ini belum ditemukan kasus positif yakni Rokan Hilir," sebutnya. 

Sementara itu Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi kemarin mengumumkan adanya penambahan satu pasien positif di Riau per Ahad (5/7). Satu pasien tersebut merupakan warga Kabupaten Kampar.

"Dengan adanya penambahan satu pasien positif tersebut, total pasien positif Covid-19 di Riau saat ini menjadi 234 dari sebelumnya 233," katanya.

Pasien positif ke-234 yakni WR (25) yang merupakan warga Kabupaten Kampar yang bekerja di Pekanbaru. Tempat WR bekerja mensyaratkan semua karyawan dan keluarga untuk dilakukan rapid test. Hasil rapid test tersebut ternyata reaktif dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab.

"Dari hasil pemeriksaan sampel swab ternyata yang bersangkutan positif. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi di Pekanbaru. Belum diketahui riwayat penularan dari WR karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif," sebutnya.

Kemarin juga terdapat tiga pasien positif Covid-19 di Riau yang sembuh. Ketiganya yakni CAG (32), warga Rokan Hulu. MIH (30) dan BK (31), warga Indragiri Hilir.

"Mudah-mudahan pasien positif Covid-19 yang sembuh terus bertambah, sehingga ruang isolasi pasien Covid-19 di Riau bisa kosong," harapnya.(rpc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »