Kisruh PPDB, Ketua Dewan Pendidikan Dukung Evaluasi Kepsek SMA/SMK

Dibaca: 1358 kali  Kamis,02 Juli 2020
Kisruh PPDB, Ketua Dewan Pendidikan Dukung Evaluasi Kepsek SMA/SMK
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2020 tingkat SMA/SMK di Riau mendapat perhatian serius semua pihak. Tak terkecuali dari Dewan Pendidikan Riau DPR.

Ketua DP Riau, Zoelkarnaen Noerdin mengatakan, dengan banyaknya persoalan pada PPDB online tahun ini, menjadi catatan pihaknya, terutama terkait kinerja kepala - kepala sekolah untuk dievaluasi. 

Apalagi dalam Permendikbud nomor 28 tahun 2010, pemerintah daerah bisa melakukan penugasan guru sebagai kepala sekolah, dengan melibatkan dan dipertimbangkan oleh Dewan Pendidikan dan Pengawas. 

"Ketika memberikan pertimbangan kepada pemerintah daerah, dalam hal ini dinas pendidikan terkait evaluasi kepala sekolah, kita akan mengevaluasi se objektif mungkin, bilamana ada kepala sekolah yang diberikan amanah sudah lama tapi kinerjanya tidak naik, kita akan evaluasi, punishment harus dilakukan" kata Zoelkarnaen. 

Dikatakannya, pemberian punishment dan reward harus dilakukan dalam mengukur kinerja para kepala sekolah. Sehingga mana yang bekerja tidak sesuai atau tidak meningkat, akan menerima sanksi dan sebaliknya yang bekerja baik akan menerima reward atau penghargaan.

"Soal pendidikan ini kita tak main main, dan salah satu faktor penting itu kepala sekolah memang, yang mengatur dan mengontrol sekolah itu. Apalagi terkait PPDB ini. Seharusnya dari jauh jauh hari sudah memetakan, sudah menyampaikan ke masyarakat, sosialisasi harus bagus tegas dan adil," tukasnya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam PPDB online 2020 tingkat SMA/SMK terjadi kisruh ditengah masyarakat. Salah satunya akibat penerapan zonasi yang mana calon siswa bisa melampirkan Surat Keterangan Domisili yang diduga dimanipulasi.(ckc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »