Terbaik di Sumatera,

Realisasi Investasi Riau Mencapai Rp12,7 Triliun

Realisasi Investasi Riau Mencapai Rp12,7 Triliun
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Riau, Helmi D

RIAUTERBIT.COM - Realisasi nilai investasi triwulan I tahun 2020 Provinsi Riau berada diperingkat satu di Sumatera, dan peringkat lima nasional.  Hal ini karena nilai investasi yang masuk ke Provinsi Riau mencapai Rp12,7 triliun, atau mengalami peningkatan 32,43 persen dibanding periode sama tahun 2019 hanya Rp9,63 triliun.

 

"Nilai investasi yang masuk ke Riau triwulan I 2020 mengalami kenaikan dibanding triwulan I tahun 2019," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Riau, Helmi D, Jumat (26/6/2020) di kantor Gubernur Riau. Dengan capaian itu, Helmi menyebut untuk wilayah Sumateta realisasi investasi triwulan I 2020 Provinsi Riau berada diperingkat satu. Sedangkan secara nasional Riau berada diperingkat lima. Sedangkan peringkat satu Jawa Timur dengan nilai investasi Rp31,3 triliun.

 

"Realisasi PMDN kita kalau di Sumatera urutan pertama, dan PMA urutan keempat. Tapi secara keseluruhan Riau masih peringkat satu di Sumatera," terangnya. Lebih lanjut Helmi menjelaskan, kenaika nilai investasi Rp12,75 triliun itu terdiri Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp7,75 triliun dengan total 827 proyek. Kemudian Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp5 triliun dengan total 240 proyek.

 

"Kalau realisasi triwulan I 2019 untuk PMDN hanya Rp8,22 triliun, dan PMA sebesar Rp1,41 triliun. Artinya ada peningkatan realisasi investasi sebesar 32,43 persen," terangnya. Ditanya soal realisasi investasi triwulan II 2020, Helmi menyatakan hasilnya akan diketahui pada pertengahan Juli mendatang. Namun pihaknya memprediksi terjadi penurunan.

 

"Kemungkinan realisasi investasi triwulan II cenderung turun, karena pandemi Covid-19. Tapi angkanya kita belum bisa pastikan, nanti Juli baru bisa dilihat," tukasnya. (r.sky)

Berita Lainnya

Index