AKSI NYATA TIM PENGABDIAN MASYARAKAT UNRI DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19

AKSI NYATA TIM PENGABDIAN MASYARAKAT UNRI DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN  COVID-19

Kamis (18/06/20) Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Riau yang beranggotakan dua orang mahasiswa, yaitu Indah Zaitun Sari (FISIP) dan Cici Rezya Elvina (FAPERTA) yang tergabung dalam Relawan Desa Lawan COVID-19 Desa Kampung Pulau melakukan pembagian masker kepada warga di Desa Kampung Pulau Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Masker sejumlah 120 helai telah dibagikan pada masyarakat sekitar.
Masker dibuat langsung oleh Tim Pengabdian. Pembuatan masker berlangsung selama 4 hari dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Jenis masker yang dibuat adalah jenis masker kain yang dapat dipakai secara berulang. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan inisiatif Tim Pengabdian melihat masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah.


Sembari membagikan masker kepada masyarakat, Tim Pengabdian juga memberikan edukasi dalam bentuk brosur. Brosur yang disebarkan memuat isi mengenai pencegahan COVID-19 dan hal yang harus disiapkan ketika memasuki fase New Normal. Selain itu, Tim Pengabdian juga melakukan pendataan masyarakat rentan sakit di Desa Kampung Pulau. Guna mengetahui riwayat penyakit warga Desa Kampung Pulau, yang nantinya data ini akan diserahkan kepada Bidan Desa Kampung Pulau.

"Harapannya dengan adanya pembagian masker ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Dengan pembagian brosur juga diharapkan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Pandemi COVID-19." Ucap Indah, salah satu Tim Pengabdian.
Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat dan perangkat desa. Tujuan pembagian masker ini ialah guna memberikan aksi nyata dalam pencegahan wabah COVID-19 yang masih berlanjut hingga saat ini. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat membantu dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 (Sumber: Tim KUKERTA Relawan Desa Lawan COVID-19)

Berita Lainnya

Index