Bangkitkan Ekonomi Rakyat, Pemko Pekanbaru Usulkan Lahan Kosong Ditanami Warga

Bangkitkan Ekonomi Rakyat, Pemko Pekanbaru Usulkan Lahan Kosong Ditanami Warga

RIAUTERBIT.COM - -Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru terus berupaya mendorong produktivitas kelompok tani, dalam upaya pemulihan perekonomian masyarakat pasca Covid-19.

 

Hal itu seiring dengan arahan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT kepada Distankan Pekanbaru dalam kesiapan daerah menuju new normal life dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat.

 

Kepala Distankan Kota Pekanbaru H Syahmanar S Umar, didampingi Sekretaris M Firdaus menyebut, pihaknya akan berupaya merubah Kota Pekanbaru sebagai kota penghasil pangan sehingga tidak bergantung kepada daerah pemasok untuk ketersediaan dan memenuhi kebutuhan pangan.

 

Dengan memberdayakan para kelompok tani dan pembinaan dari Distankan, pihaknya akan menggagas pelaksanaan aksi masyarakat pertanian dan perikanan produktif bebas Covid-19 dalam masa Perilaku Hidup Baru (PHB).

 

Salah satu upaya yang akan dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang saat ini banyak terbengkalai oleh pemilik nya untuk dijadikan lahan pertanian.

 

"Kami sudah membicarakan rancangan peraturan daerah terkait pemanfaatan lahan yang tak terpakai untuk dijadikan lahan pertanian. Jadi, banyak sekarang lahan kosong yang tak terpakai, kita mediasi dengan pemilik tanah, kita buat perjanjian dan akan dimanfaatkan oleh petani binaan kita untuk produktivitas mereka," ujar Syahmanar, Jumat 19 Juni 2020.(roc)

Berita Lainnya

Index