Donald Trump akan Sediakan Ventilator untuk Indonesia

Donald Trump akan Sediakan Ventilator untuk Indonesia

RIAUTERBIT.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku telah berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo, Jumat (24/4) malam dan akan menyediakan ventilator untuk penanganan pasien Covid-19 bagi Indonesia. Informasi itu dibagikan Presiden Trump melalui akun Twitter @realDonaldTrump, yang dikutip di Jakarta Sabtu.

"Baru saja berbicara dengan teman saya, Presiden Joko Widodo dari Republik Indonesia. Meminta ventilator, yang kami akan sediakan. Kerja sama yang baik di antara kami," cuit Trump dalam akun Twitternya.

Trump dalam beberapa cuitannya juga menyampaikan telah berbicara dengan sejumlah pemimpin negara lainnya seperti Presiden El Savador Nayib Bukele, Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez serta Presiden Ekuador Lenin Moreno. / Kepada sejumlah pemimpin negara itu Trump juga berjanji memberikan bantuan ventilator. 

Ventilator merupakan salah satu alat medis penting bagi pasien Covid-19. Meskipun, tidak semua pasien Covid-19 perlu memakai ventilator. / Indonesia tengah mengembangkan ventilator buatan sendiri. Salah satunya, dikembangkan PT Pindad.

Dirut PT Pindad, Abraham Mose menjelaskan, progress ventilator VRM (Ventilator Resusitator Manual) saat ini dalam tahap sertifikasi kelaikan dan rencana produksi kedepan. Prototype (ventilator) sudah diuji bekerja sama dengan dokter rumah sakit Pindad dan sedang proses sertifikasi kelaikan di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan. 

"Pada prinsipnya Pindad siap untuk mendukung dan memproduksi kebutuhan ventilator di Jawa Barat maupun nasional. Kedepannya, PT Pindad akan melaksanakan produksi Pindad VRM dengan perencanaan produksi 40 unit/hari.” ujar Abraham, Jumat.(rep)

Berita Lainnya

Index