Jumlah Pasien Covid-19 yang Meninggal di Riau 42 Orang

Jumlah Pasien Covid-19 yang Meninggal di Riau 42 Orang

RIAUTERBIT.COM - Menurut data Pemprov Riau tanggal 20 April 2020, saat ini sudah 42 orang meninggal terkait kasus Covid-19. Rinciannya, 38 terdiri dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 4 orang yang positif Covid-19.

Pemerintah Provinsi Riau melalui situ corona.riau.go.id memaparkan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini berjumlah 30 kasus. Dari jumlah tersebut 9 sehat dan sudah pulang. Dan sisanya 17 pasien masih dirawat diberbagai rumah sakit rujukan Covid-19 Riau.

Kemudian Pasien Dalam Pemantauan berjumlah 369 dengan rincian 166 sudah sehat dan pulang, sementara 165 masih dirawat.

Sedangkan Orang Dalam Pemautauan (ODP) total 41.148 orang. Dengan keterangan 11.606 ODP dalam proses pemantuan dan 29.542 ODP selesai pemantauan.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan, untuk PDP yang meninggal dunia pemakamannya sama sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pasien positif Covid-19.

"Pemberlakuan pemakaman atau pemulasaran pasien positif dan PDP berlaku sama. SOP sudah ada, dan setiap rumah sakit sudah punya SOP tersebut," katanya.

Terkait tingginya jumlah ODP di Riau, Yovi mengklaim hal itu membuktikan bahwa Riau waspada terhadap Covid-19. Namun dia menegaskan, bukan berarti setiap orang yang ditetapkan ODP mereka positif Covod-19.

"ODP tinggi karena kita waspada, bukti kita bekerja. Jadi jangan sampai mereka ini (ODP) berpikir positif. Dasar diketahui positif itu hanya satu cara, swab dan PCR. Jadi tak bisa hanya menggunakan rapid test," cakapnya.(ckc)

Berita Lainnya

Index