Senin Gelombang 2 Buka, Ini Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Senin Gelombang 2 Buka, Ini Cara Pendaftaran Kartu Prakerja
foto internet

RIAUTERBIT.COM -- Gelombang kedua pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka pada Senin (20/4) pukul 08:00 WIB sampai dengan Kamis (23/4) pukul 16:00 WIB. Bagaimana cara pendaftarannya? Sebelum mendaftar, ketahui persyaratan umumnya terlebih dahulu. Program ini  terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.


Calon peserta akan menjalani tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki.

Setelah itu, calon penerima Kartu Prakerja harus membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id. Berikut panduannya:

1. Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang aktif.
2. Klik kolom Daftar.
3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.
4. Masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun e-mail.
5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan pendaftar sudah punya akun Kartu Pra Kerja.

Setelah memiliki akun Kartu Prakerja, isi formulir pendaftaran dan ikuti tes kemampuan dasar. Berikut caranya:
1. Masuk laman prakerja.goi.idlogin akun, dan klik menu daftar Kartu Prakerja
2. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan
3. Lalu, klik selanjutnya
4. Langkah selanjutnya diminta mengisi tes kemampuan dasar.
5. Kemudian, klik selesai.
6. Setelah selesai melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar,  pendaftar akan menerima notifikasi lewat akun yang sudah terdaftar. Pengguna bisa langsung buka akun di situs Kartu Prakerja (prakerja.go.id), setelah masuk akun,  tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran.

 

Pilih pelatihan

Setelah memiliki Kartu Prakerja, peserta dapat memilih pelatihan yang diinginkan dan . Selesai mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan, kesempatan mengikuti pelatihan daring pertama dalam program Kartu Prakerja bisa hangus jika dalam waktu 30 hari tidak digunakan oleh peserta sejak ditetapkan sebagai penerima lolos seleksi. Sisa bantuan biaya pelatihan dalam gelombang pertama dapat digunakan untuk pelatihan kedua atau ketiga hingga 31 Desember 2020.

 

Setiap penerima Kartu Prakerja mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000. Paket terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli satu atau lebih pelatihan di mitra kanal digital.

 

Insentif bagi peserta sebesar Rp 600 ribu per bulan diberikan selama empat bulan dan sebesar Rp 150 ribu untuk biaya survei sebanyak tiga kali evaluasi pelatihan. Seluruh insentif untuk membayar biaya pelatihan tersebut akan diberikan melalui pengisian saldo platform OVO, Link Aja, Go Pay, dan rekening Bank Negara Indonesia (BNI).

 

Jika mengalami kesulitan saat mendaftar, peminat dapat melapor melalui call center di (021)25541246 yang dibuka setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 19.00 WIB. Selain itu, warga juga bisa mengontak melalui surat elektronik di [email protected]. (rep)

 

Berita Lainnya

Index