Ninik Mamak Desa Padang Sawah Undang Bang Zulher Pada Acara Mencokau Ikan

Dibaca: 8083 kali  Senin,10 Agustus 2015
Ninik Mamak Desa Padang Sawah Undang Bang Zulher  Pada Acara Mencokau Ikan
Ket Foto : Terlihat Zulher sedang Memegang Ikan hasil Takapan di sungai desa padang swah kecamatan kampar kiri

Kampar Kiri-(riauterbit.com)-Nenek mamak dan masyrakat desa padang sawah,kecamatan kampar kiri undang zulher,untuk mencokau ikan di sebuah sungai yang masih terjaga keaslianya 09/08/2015,kegiatan mencokau ikan ini di lakukan satu kali dalam dua tahun.

zulher mendapat sambutan dan semangat dari masyrakat serantau kampar kiri , karnah dirinya masi mau memperhatikan dan menghadiri undangan masyarakat desa padang sawah,ungkap toko adat setempat ketika membuka acara mancokau ikan.

masyrakat padang sawah,rino,kepada wartawan merasah bangga dan hormat kepada bang zulher karnah beliau tidak asing lagi bagi masyarakat kampar kiri secara umumnya dan masyarakat desa padang sawah kampar kiri.

sementara zulher,kagum dan banga kepada masyrakat padang sawah, sampai hari ini masi dapat untuk menjaga alam. dan berharap kepada warga seratau kampar kiri untuk terus menjaga aliran sungainya agar tidak tercemar seperti sungai yang lainnya.

zulher,menceritakan kepada wartawan minggu 09/08/2015,ceritakan,kalau nenek mamak dan toko masyarakat seratau kampar kiri masi komitmen menjaga dan mempertahankan hukum adat dan menegakan peraturan untuk tidak merusak sungai dan alam,bagi yg merusak akan di denda.ungkap nenek mamak seratau kampar kiri kepada zulher.

sementara acara mencokau ikan ini di laksanakan masyrakat serantau kampar kiri,sekali dalam dua tahun,warga serantau kampar kiri setiap,tiba waktu kegiatan mancokow ikan berbondong -bodong datang untuk menangkap ikan, bagi Ikannya besar besar akan di lelang untuk kepentingan bersama agar sungai dapat terjaga.

jenis ikan disini mulai dari ikan Geso, baghau, baung dan lainnya hidup di dalam sungai tersebut,bagi ikan ukuran kecil dimasak bersama untuk di makan siang dan sisanya dibawa pulang.

Zulher mengucapkan Terima kasih kepada nenek mamak, Tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Padang Sawah dan sekitarnya yang telah mengudang dia untuk dapat hadir dan menikmati keaslian sungai kampar Kiri.

dan zulher merasa kampar kiri tidak asing lagi baginya,karna masyrakat di desa padang sawa  merupakan bangian dari keluarga besarnya  Jadi dia jaji untuk akan selalu datang di desa padang sawah.

kegiatan mencokau ikan ini akan masuk dalam sebuah catatan penting agar suatu sat dapat kita bersama-sama untuk tetap melestarikan tradisi  adat yang ada,.

jangan adat dan budaya yang sudah ada kita hilangkan, selama terus kita jaga yakinlah adat dan budaya mancokau ikan akan terjaga di rantau kampar kiri.

kita berharapa kepada desa dan kecamatan lainya untuk dapat mencontoh dan kita tiru dan tidak ada kata terlambat. Mari kita bangun dan jaga negeri ini. Kalau bukan kita, siapa lagi.

sekali lagi kita kagum melihat kekompakan masyrakat Desa padang sawah, Selama kurun waktu tertentu sungai tidak boleh dirusak lingkungannya baik dalam aktifitas mencari ikan atau yg lainnya.

apa lagi memutas, meracun atau memakai alat yg bisa merusak lingkungan, luar biasa.  Ketika sungai terjaga maka seluruh hutan, kebun akan terjaga. Selamat kepada masyarakat desa padang sawah papar zulher. (jufri)

 
Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »