Bertambah 4, Total Pasien Positif Covid-19 di Riau Jadi 20 Orang

Bertambah 4, Total Pasien Positif Covid-19 di Riau Jadi 20 Orang

RIAUTERBIT.COM - Total pasien positif virus corona (covid-19) di Riau bertambah menjadi empat orang. Dengan demikian, pasien positif covid-19 di Riau berjumlah 20 orang. 

Demikian disampaikan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar saat konfrensi pers di Gedung Daerah, Senin (13/4/20). Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Juru Bicara Covid-19 Indra Yopi. 

"Penambahan hari ini ada empat kasus positif covid-19. Sehingga total di Provinsi Riau terdapat 20 kasus positif," kata Gubri.

Dari total 20 kasus pasien positif covid-19 tersebut, sebanyak 16 dirawat, 2 sehat dan sudah dipulangkan serta 2 meninggal dunia.

Ada pun tambahan empat pasien positif covid-19 tersebut, pasien 17 positif covid-19 di Riau adalah salah satu PDP yang meninggal dunia beberapa hari yang lalu. Pasien 17 tersebut berinisial MEH (51). Yang bersangkutan merupakan warga Kota Pekanbaru.

"Keluarga dan kontak erat dari pasien MEH sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif. Namun akan tetap dilakukan uji swab. Keluarga dan kontak erat tersebut selanjutnya akan dipantau oleh Puskesmas setempat karena sudah berstatus ODP. Apabila bergejala, diminta segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," papar Gubri.

Kemudian pasien 18 positif covid-19 di Riau adalah pasien AS (30) yang merupakan warga Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Saat ini AS sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan. Pasien AS memiliki riwayat perjalanan dari Semarang pada 15 Maret 2020. Pasien AS ini merupakan kontak erat dari pasien positif covid-19, yakni RBT (50) dan JG (58) yang didapat dari hasil tracing. 

Untuk pasien 19 positif covid-19 di Riau adalah pasien IE (16) yang merupakan warga Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Pasien IE merupakan kontak erat dari pasien positif covid-19, yakni RBT dan JG yang didapat dari hasil tracing.

Sementara pasien 20 positif covid-19 di Riau adalah pasien BB (71) yang merupakan warga Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Pasien BB memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Jakarta pada 27 Maret 2020. 

"Dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien MEH, AS, IE, dan BB. Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan Polda Riau.(rtc)

Berita Lainnya

Index