Spanyol Perkuat Langkah Pembatasan Tahan Penyebaran Corona

Spanyol Perkuat Langkah Pembatasan Tahan Penyebaran Corona

RIAUTERBIT.COM - Spanyol bersiap memasuki pekan ketiga karantina wilayah atau lockdown total. Pemerintah Spanyol juga telah menyetujui langkah-langkah memperkuat berbagai pembatasan demi menahan laju penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pada Ahad (29/3) kemarin Spanyol melaporkan 838 kasus kematian akibat Covid-19. Total pasien yang meninggal karena Covid-19 di Negeri Matador itu menjadi 6.528 orang.

Saat ini Spanyol adalah negara kedua dengan jumlah kematian Covid-19 di seluruh dunia hanya satu peringkat di bawah Italia. Mereka juga mengalami kenaikan kasus terkonfirmasi dari 72.248 menjadi 78.797.

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan semua pekerja non-esensial harus tetap berada di rumah selama dua pekan.

Langkah terbaru pemerintah Spanyol ini diterapkan untuk menahan laju penyebaran virus. Ia mengatakan para pekerja akan menerima gaji seperti biasanya tapi harus mengisi jam-jam kosong setelah pandemi selesai.

Langkah ini mulai berlaku pada 30 Maret sampai 9 April. Menteri Tenaga Kerja Spanyol Yolanda Diaz mengatakan langkah ini 'fleksibel'. Pekerja juga tetap akan digaji tapi mereka harus mengisi jam-jam kosong mereka sebelum 31 Desember.

"Kami harus mengurangi pergerakan ke level Ahad," kata Diaz, Senin (30/3).(rep)

Berita Lainnya

Index