Polda Riau Kerahkan Drone Pendeteksi Suhu Tubuh

Dibaca: 1782 kali  Senin,23 Maret 2020
Polda Riau Kerahkan Drone Pendeteksi Suhu Tubuh
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Riau turut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Bumi Lancang Kuning. Ribuan personel disiapkan dengan dibantu drone canggih. 

Drone diterbangkan di area publik untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Alat ini berfungsi memantau dan mendeteksi suhu tubuh masyarakat. 

"Drone memantau masyarakat, melihat suhu tubuhnya sehingga bisa dideteksi. Jika suhu tubuh 37 derajat ke atas dilakukan penanganan lanjutan," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. 

Drone itu juga akan menyampaikan imbauan-imbauan kepada masyarakat untuk memaruhi aturan pemerintah. Menghindari tempat keramaian dan menjaga kebersihan. 

Hal itu dilakukan seusai maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis dalam penanganan Covid-19 yang meminta agar seluruh masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik ditempat umum maupun di lingkungan sendiri. 

Masyarakat diminta tetap tenang dan jangan panik tapi terap meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Termasuk juga diimbau tidak menimbun sembako dan tidak menyebarkan informasi hoax.

"Diharapkan imbauan ini bisa dijalankan dengan baik. Kita ingin bersama- sama mengontrol di lapangan. Kontrol sosial bersama ini rasanya akan lebih baik kalau kita semua tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak," papar Agung. 

Dalam pencegahan dan penanganan virus corona, Polda Riau sudah menyiapkan 1.200 personel. Sebanyak 630 personel siaga di Polda Riau dan lainnya dari Polresta dan Polres se-Riau.

Personel itu akan bekerja dalam lima satuan tugas. Mulai dari pencegahan, penanganan dan rehabilitasi sesuai protokol pemerintah.

Para personel itu tergabung dalam Operasi Kontijensi Aman Nusa 1 Penanganan Covid-19 Muara Takus 2020. Gelar pasukan personel sudah dilaksanakan di lapangan Mako Brimob Polda Riau pada Ahad (22/3/2020) pagi.(ckc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »