Dua Roket Jatuh di Dekat Kedubes AS di Irak

Dua Roket Jatuh di Dekat Kedubes AS di Irak
ilustrasi internet

BAGHDAD - Dua roket Katyusha dilaporkan mendarat tepat di dekat kedutaan besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Senin (2/3). Kedubes AS terletak di Zona Hijau di ibu kota Irak.  Zona Hijau menampung gedung-gedung pemerintah dan misi asing. Koresponden Al Arabiya melaporkan tidak ada korban akibat serangan roket tersebut. 

 

Misi diplomatik AS di Irak kerap terkena roket dalam beberapa bulan terakhir. Akibatnya, Rabu lalu, AS menghapus seorang anggota senior milisi Kata'ib Hezbollah yang didukung Iran dari. AS menghukumnya karena serangan yang menargetkan pasukan AS oleh milisi Kataib. Serangan itu adalah yang paling baru karena membunuh seorang kontraktor Amerika di sebuah pangkalan militer Irak di dekat kota utara Kirkuk.

 

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, telah menunjuk Ahmad al-Hamidawi sebagai Teroris Global Khusus (SDGT), Sekretaris Jenderal Kata'ib Hezbollah (KH), kelompok teroris yang didukung Iran yang aktif di Irak dan Suriah. Washington menyebutnya sebagai organisasi teroris pada 2009.

 

Dalam perkembangan lain di Irak, Perdana Menteri yang ditunjuk Mohammed Allawi menarik pencalonannya untuk jabatan perdana menteri. Sementara, Presiden Barham Salih mengumumkan bahwa ia akan memulai konsultasi untuk memilih pengganti dalam waktu dua minggu. Baghdad berada dalam pergolakan protes massa anti-pemerintah sejak tahun lalu.(rep)

Berita Lainnya

Index