Uang Untuk THR, Penukaran Uang Pecahan BI Riau Capai Rp5M

Uang Untuk THR, Penukaran Uang Pecahan BI Riau Capai Rp5M
ilustrasi

Pekanbaru,(Riauterbit.com)-Bank Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Riau mengungkapkan, jumlah penukaran uang pecahan menjelang Idul Fitri 1436 H rata-rata mencapai Rp5 miliar per hari.

"Jumlah ini mengalami peningkatan tiga kali lipat sejak awal penukaran dibuka 22 Juni kemaren," ujar Kasie Senior BI Riau, Ahmadi, di Pekanbaru, Kamis.

Ahmadi menjelaskan, penukaran uang pecahan di posko yang dibuka pada kantor BI sejak awal bulan Ramadan terus meningkat.

Dari awalnya hanya 200 antian saja, tiap hari meningkat hingga menjadi 600 antrian.

"Hari pertama hanya 200 yang datang menukar, tetapi saat ini sudah mencapai antrian 600. Dimungkinkan jumlah ini akan bertambah lagi hingga hari terakhir penukaran," paparnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga sudah merencanakan akan menambah modal kerja untuk uang penukaran perharinya sesuai tren peningkatan hingga hari terakhir.

"Kami perkirakan modal kerja esok akan ditambah lagi sebesar Rp2 miliar hingga totalnya menjadi Rp7 miliar," tuturnya.

Dia mengaku antusiasme warga masyarakat di Pekanbaru sangat tinggi untuk menukarkan uang pecahan, untuk dibagikan pada saat Idul Fitri.

Masyarakat sepertinya mulai tahu keberadaan penukaran uang pecahan di BI, sehingga tidak mau lagi melkaukannya lewat calo yang biasanya banyak berkeliaran di sudut kota.

"Saya lihat dua hari ini calo penukaran uang pecahan di jalan Sail sudah tidak ada lagi," tuturnya.

Ahmadi menambahkan, ini juga dikarekan BI tidak membatasi jumlah uang pecahan 20.000, 10.000, 5.000 dan 2.000 yang akan ditukarkan.

"Kami juga berkerjasama dengan 10 bank swasta dan pemerintah untuk membuka pos penukaran mulai pagi hingga siang hari setiap hari kerja," pungkasnya.(ant)
 

Berita Lainnya

Index