Diskes: Tidak Ada Pengawasan Khusus WNI dari Wuhan

Dibaca: 1274 kali  Selasa,18 Februari 2020
Diskes: Tidak Ada Pengawasan Khusus WNI dari Wuhan
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau memastikan tidak ada pengawasan khusus terhadap enam warga Riau dari Wuhan Cina yang sempat menjalani masa observasi virus corona di Natuna ke Pekanbaru.

 

Keenam warga Riau dari Wuhan yang sudah menjalani masa observasi selama 14 hari tersebut seluruhnya dinyatakan dalam kondisi sehat. Sehingga tidak perlu dilakukan pengawasan dari petugas kesehatan.

 

"Setelah menjalani masa observasi selama 14 hari, mereka seluruhnya dalam kondisi sehat, jadi tidak ada pengawasan khusus dari kita. Mereka kan sudah mendapatkan sertifikat yang menyatakan tidak ditemukan virus corona, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin 17 Februari 2020.

 

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di lingkungan enam warga Riau tersebut agar tidak perlu panik. "Imbauan kita untuk warga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau ditakutkan untuk berinteraksi dengan mereka (enam warga Riau dari Wuhan). Karena mereka dinyatakan sehat dan tidak ada yang terpapar virus corona," kata Mimi.

 

Mimi memastikan kondisi enam warga Riau dari Wuhan yang dinyatakan sehat bebas dari virus corona tersebut bukan tanpa alasan. Sebab sebelumnya mereka sudah melewati serangkaian pemeriksaan yang cukup ketat dan intens.

 

Tidak hanya saat sudah tiba di tanah dan di lokasi observasi, namun sejak mereka masih berada di Wuhan dan akan dipulangkan ke tanah air juga sudah dinyatakan keenam warga Riau tersebut dalam kondisi sehat.

 

"Mereka dilakukan pemeriksaan dibawah pengawasan dokter spesialis yang terpilih. Bahkan dalam satu hari itu mereka dua kali dicek kesehatannya. Kemudian diberikan makanan makanan yang bergizi, melakukan aktifitas fisik yang terkait dengan peningkatan imunitas tubuh. Selama 14 hari mereka dilakukan seperti itu dan dinyatakan sehat," ujarnya. (rtc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »