Airlangga: Golkar Berpeluang Dukung Gibran di Pilkada Solo

Airlangga: Golkar Berpeluang Dukung Gibran di Pilkada Solo

RIAUTERBIT.COM -- Ketua Umum Partai Golkar  Airlangga Hartarto mengungkapkan, partainya berpeluang untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon walikota di Pilkada Kota Surakarta. Airlangga mengungkapkan, Golkar sudah berkomunikasi dengan putra sulung Presiden Joko Widodo itu, terkait pencalonan dirinya.


"Golkar juga menjajaki Pak Gibran, jadi kami sudah melakukan komunikasi," ujar Airlangga usai menggelar rapat pleno pertama DPP Partai Golkar tahun 2020 di Slipi, Jakarta Barat, Jumat (7/2). Airlangga mengungkapkan, Golkar tetap menargetkan kemenangan 60 persen dalam pilkada 2020 nanti. Menteri Kordinator Ekonomi itu mengatakan, partainya kini tengah melakukan survei sejumlah nama calon kepala daerah yang sudah diinventarisir.


Airlangga menjelaskan, hasil survei tersebut kemudian akan dibahas oleh partai guna melihat semua kemungkinan. Disaat itu, sambung dia, Golkar juga akan melihat daerah mana saja yang memang bisa mencalonkan sediri atau harus berkoalisi dengan partai lain.


Sementara, tidak hanya membahas Pilkada namun rapat pelno Golkar juga mendiskusikan program kerja partai untuk lima tahun ke depan termasuk dalam mengahdapi pilkada. Hal lain yang juga dibahas dalam rapat tersebut adalah berkenan dengan aturan internal petunjuk pelaksanaan dalam kegiatan berorganisasi mulai dari DPP sampai DPD.


Airlangga menyebutkan, saat ini Golkar sedang melalui tahapan-tahapan yang ada dalam menghadapi pilkada. Dia mengatakan, partai nantinya akan meminta wakil ketua umum untuk melengkapi data-data dan pembahasan jadwal-jadwal teknis dari Pilkada yang rencananya akan dibahas secara menyeluruh.


Seperti diketahui, partai Demokrat dan Gerindra juga telah menyatakan kesedian mereka untuk mengusung Gibran di Pilkada Surakarta nanti. Niatan itu juga sudah mendapatkan restu dari Ketua Umum masing-masing partai yakni Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto.


Kendati, Gibran sejauh ini mengaku ingin maju di Pilkada Surakarta bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia juga telah mendaftarkan dirinya ke DPD PDIP Jawa Tengah. Namun, partai berlogo banteng moncong putih itu masih belum memutuskan bakal mengusung Gibran atau calon lainnya.
 

Berita Lainnya

Index