Polres Banjar Bersama Forkopimda Adakan Kegiatan Bakti NKRI

Polres Banjar Bersama Forkopimda Adakan Kegiatan Bakti NKRI

 

Banjar, - Berbicara tentang toleransi, Warga Kota Banjar itu terkenal sebagai warga yang toleran sejak dahulu sampai dengan sekarang. Terbukti dengan adanya kegiatan Bakti NKRI digagas Polres Banjar yang melibatkan Forkopinda, TNI, para Kepala OPD di Pemkot Banjar, organisasi keagamaan, element Mahasiswa, serta masyarakat di dekat wilayah Gereja Santo Fillipus, Pataruman, Kota Banjar, Jumat (31/01/2020). 

Pada kesempatan itu, semua unsur terlibat dalam kegiatan membersihkan sarana beribadah, baik itu mesjid yang ada di sekitar maupun gereja, serta pemberian bantuan pembangunan Madrasah Nurul Huda, Renovasi rumah warga sekitar, serta membantu renovasi Gereja Santo Filipus. Terlihat Kapolres Banjar AKBP. Yulian Perdana, SIK didampingi Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel., M.M.D.S dan Wakil Walikota Banjar Nana Suryana berbaur dengan para anggota dan masyarakat membersihkan Mesjid dan Gereja, tidak lupa membersihkan sampah yang ada.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Banjar bersama Forkopimda memberikan bantuan berupa bahan bangunan semen, kayu usuk, keramik untuk Masjid Nurul Huda, yang sedang tahap renovasi, serta secara bergotong royong dari unsur Kepolisian, TNI, Ansor, Banser, Saka Bhayangkara, serta Jemaat Santo Filipus dan warga sekitar membantu pembanguan renovasi Madrasah dan Masjid Nurul Huda tersebut. 

Selain memberikan bantuan kepada Madrasah dan Masjid Nurul Huda, Forkopimda dan Para Unsur terkait serta Pihak Gereja Santo Filipus memberikan bantuan bahan bagunan berupa semen kepada warga sekitar lokasi Gereja, Ibu Cici yang sedang membangun rumah 

Diutarakan Kapolres Banjar, AKBP. Yulian Perdana, SIK, bahwa kegiatan kerjabakti digelar untuk menjaga toleransi antar umat beragama, sehingga menjadikan masyarakat Banjar yang aman dan kondusif. "Kegiatan ini kita niatkan ibadah, tentunya kita mengajak unsur unsur terkait, ada Pak Dandim 0613 Ciamis, Wakil Wali Kota, Ketua FKUB, unsur Kepemudaan, Muhammadiyah dan NU, semua punya kewajiban untuk terlibat langsung menjaga nilai toleransi umat beragama sehingga menciptakan NKRI yang kondusif, " ungkap Yulian. 

Sementara itu, Wakil Wali kota Banjar, Nana Suryana, menyampaikan, sinergitas gotong-royong ini supaya terus dilakukan antara TNI, Polri, Pemerintah Kota Banjar serta masyarakat. “Dalam kegiatan ini kita mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti, dengan tujuan saling peduli dan menjaga lingkungan, khususnya rumah ibadah ,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nana mengatakan, jika semua masyarakat Banjar adalah saudara dan tentunya wajib menjaga nilai-nilai rasa kekeluargaan sesama masyarakat dan sesama anak bangsa, untuk menciptakan Kota Banjar yang aman, nyaman serta terbangun rasa solidaritasnya. 

Hal senada juga diungkapkan Kapolres Banjar, jika masyarakat Kota Banjar sangat tinggi nilai rasa toleransinya serta saling menjag. "Masyarakat kota banjar sangat asyik, ramah tamah serta saling toleransi antar sesama" pungkasnya. 

Selain Itu Wakil Walikota Banjar menjelaskan Bakti NKRI ini merupakan wujud nyata dan implementasi kecintaan terhadap NKRI, "Sebagaimana sering kita ucapkan NKRI harga mati, inilah (Kegiatan Bakti NKRI) wujud nyata cinta kita terhadap NKRI" Ucap Wakil Walikota Banjar. 

Hal senada disampaikan oleh ketua PCNU dan Ketua Muhammadiyah Kota Banjar bahwa menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Bakti NKRI yang diselenggarakan oleh Kapolres Banjar dan Forpimda Kota Banjar. 

Begitu pun menurut Lettu Fikri perwakilan dari Batalyon Infantri Raider 323 / Buaya Putih menyampaikan apresiasi untuk Polres Banjar dan Forkopimda Kota Banjar atas terselenggaranya kegiatan Bakti NKRI ini. Selain itu Lettu Fikri mengatakan bahwa sebanyak 33 keluarga Raider 323/BP merupakan Jemaat Gereja Santo Filipus. 
"Kami menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan Bakti NKRI ini, keluarga kami (Yonif Raider 323/BP) pun merupakan Jemaat Gereja Santo Filipus" Ucap Lettu Fikri.

Selain itu Apresiasi dari Organisasi Cipayung Plus atas terselenggaranya kegiatan Bakti NKRI tersebut, "Apresiasi kami terhadap Polres Banjar Yang telah menginisiasi kegiatan ini dengan didukung oleh Forkopimda dan stakeholder yang ada" ucap salah satu anggota Cipayung Plus.

Berita Lainnya

Index