Kewajiban Suami untuk Keluarga Terangkum di 3 Hal

Kewajiban Suami untuk Keluarga Terangkum di 3 Hal

RIAUTERBIT.COM - Islam mengajarkan umatnya tuntunan berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali nasihat-nasihat pernikahan yang harus dijalankan. Memutuskan untuk berumah tangga tentu menjadi pilihan besar dalam hidup Sebab, menikah akan menambah tanggung jawab seseorang sebagai suami dan juga istri.  

 

Lalu, apa saja peran suami yang wajib dilakukan? Berikut penjelasan yang dirangkum dari buku "Kunci-Kunci Sukses Rumah Tangga Bahagia" karya Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi. 

1. Memberikan nafkah lahir dan batin

Allah SWT berfirman: “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya.” (QS ath-Thalaaq [65]: 7) Ibnul Mundzir berkata, “Para ulama yang kami kenal bersepakat bahwa di antara kewajiban seseorang adalah menafkahi anak-anaknya.” 

Maka dari itu, bersemangatlah -wahai saudarakudalam mengais rezeki dengan niat yang tulus sebagai amal ibadah untuk menjadi tabungan akhiratmu bukan hanya untuk kesenangan duniamu.  

2. Mendidiknya dengan penuh kelembutan

Rasulullah SAW bersabda: “Sampaikanlah wasiat kebaikan kepada kaum wanita karena sesungguhnya seorang wanita itu diciptakan dari tulang rusuk. Dan sesungguhnya bagian yang paling bengkok pada tulang rusuk adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya maka engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau membiarkannya maka ia akan tetap bengkok. Sampaikanlah pesan kebaikan kepada kaum wanita.” (HR Bukhari).

Wahai para suami, gandenglah tangan istrimu menuju surga Allah. Siramilah hatinya dengan nasihat- nasihat dengan cinta dan kesejukan karena engkau telah memilihnya untuk menjadi pendamping hidupmu dan tulang rusukmu serta bagian dari nyawamu.  

3. Berakhlak mulia 

Berbuat baik kepada istri sangat dianjurkan agama kita. Rasulullah SAW bersabda: “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya kepada istrinya.” (HR at-Tirmidzi)

Ironisnya, banyak orang menghiasi dirinya dengan akhlak mulia jika bertemu dengan tetangganya, sahabatnya, orang baru yang dikenalinya, namun begitu buruk akhlaknya dengan istri dan anak-anaknya. (rep)

Berita Lainnya

Index