Riau Masih Aman dari Virus Corona

Riau Masih Aman dari Virus Corona

RIAUTERBIT.COM - Masyarakat dunia tengah dihantui dengan Virus Corona yang berasal dari China. Namun Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan hingga kini Riau masih aman dari virus tersebut.

"Alhamdulillah belum ada satupun laporan dari Kabupaten atau Kota sekaligus sarana pelayanan kesehatan yang melaporkan adanya masyarakat yang terkena virus corona tersebut," Cakap Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis (23/1/2020).

Virus Corona sendiri dapat menyebabkan gejala Pneumonia, yang mana Pneumonia tersebut adalah infeksi atau peradangan akut pada jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia atau kerusakan fisik paru.

"Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, prevalensi pneumonia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan yaitu sekitar 2 persen, sedangkan pada tahun 2013 ada sekitar 1,8 persen," ungkapnya.

Dijelaskan Mimi, gejala yang timbul diakibatkan dari Pneumonia diantaranya adalah demam, lemas, batuk kering dan sesak sekaligus sulit bernafas.

"Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2014, jumlah penderita pneumonia di Indonesia pada tahun 2013 berkisar antara 23%-27%, dan kematian akibat pneumonia ada sekitar 1,19 persen. Dan pada tahun 2010 pneumonia di Indonesia termasuk dalam 10 besar penyakit rawat inap di rumah sakit," tukasnya.(ckc)

Berita Lainnya

Index