Wabah Pneumonia Di China Makin Parah, WHO Buat Komite Darurat

Dibaca: 2423 kali  Selasa,21 Januari 2020
Wabah Pneumonia Di China Makin Parah, WHO Buat Komite Darurat
Ket Foto : Foto Internet

RIAUTERBIT.COM - Wabah pneumonia semakin menjadi-jadi di China. Bukan hanya di Wuhan, kota pertama yang terjangkit. Sekarang wabah tersebut sudah sampai ke Beijing dan Shanghai. Di luar China, Korea Selatan juga diketahui ikut terkena wabah. Dilaporkan Reuters, pihak berwenang China mengkonfirmasi sudah ada 222 kasus baru yang diidentifikasi terjangkit virus corona per Senin (20/1), dengan 198 di antaranya terjadi di Wuhan.


Sementara 5 kasus baru dikonfirmasi di Beijing, 14 kasus di Provinsi Guangdong, dan sisanya di Shanghai. Masifnya perkembangan virus corona menurut Komisi Kesehatan Nasional China karena penyakit ini dapat menular antarmanusia. Hingga saat ini, sudah ada 3 laporan kematian akibat wabah ini.

Virus corona termasuk ke dalam keluarga coronavirus yang sama dengan penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang telah memakan korban hampir 800 orang secara global pada 2002 hingga 2003, yang juga dimulai di Cina. Gejalanya meliputi demam dan kesulitan bernapas. Merespons semakin buruknya wabah ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pada Senin (20/1), pihaknya akan membentuk Komite Darurat pada Rabu (22/1) untuk menilai apakah wabah tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai keadaan darurat kesehatan internasional.  (rmol)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »