LAMR Bengkalis Pinang Bupati Amril dan Istri Terima Gelar Adat Melayu

LAMR Bengkalis Pinang Bupati Amril dan Istri Terima Gelar Adat Melayu

RIAUTERBIT.COM - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis melaksanakan prosesi merisik sekaligus meminang guna penabalan gelar Adat Melayu kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan istri Kasmarni di Wisma Daerah Sri Mahkota jalan Antara Bengkalis, Ahad (19/1/2020).

Dalam prosesi merisik sekaligus meminang, Datuk Isnaini sebagai penyampai pinangan terhadap orang nomor satu di Negeri Junjungan beserta istri, guna penabalan gelar adat yang direncanakan akan dilaksanakan pada besok, Senin sore, 20 Januari 2020 di balai kerapatan Sri Mahkota Jalan Antara Bengkalis.

Kala menyambut kehadiran rombongan LAMR Kabupaten Bengkalis, Bupati Amril dan Kasmarni menggunakan baju melayu berwarna senada, yakni ungu dengan motif ukiran kuning emas. Sementara penyambung lidah dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan istri adalah Datuk Bahar.

Gelar yang diberikan oleh LAMR Bengkalis kepada Bupati Amril yang disampaikan langsung oleh Datuk Isnaini yakni Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri.

Sedangkan untuk Kasmarni, gelar yang diberikan LAMR Kabupaten Bengkalis adalah Datin Seri Junjungan Negeri. Kedatangan LAMR Kabupaten Bengkalis yang hendak menyampaikan hajat itu dilengkapi membawa tepak sirih sebagai lambang kebesaran dan kehormatan orang Melayu untuk meminta izin dalam hal meminang secara adat.

Dalam prosesi peminangan itu pun dilakukan upacara adat dengan menyerahkan tepak sirih dari LAMR Kabupaten Bengkalis dilakukan Datuk Isnaini kepada Datuk Bahar untuk mencicipi sirih pinang yang telah dibawa. Prosesi peminangan selain dihadiri Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Zainuddin Yusuf, Datuk Aziar Aziz Yuda, Timbalan LAMR H Bahrum dan Datuk Isnaini.

Turut mendampingi Bupati Bengkalis bersama istri, Inspektur Bengkalis Rafiardhi Ikhsan, Kepala BKPP Djamaludin, Kepala Dinas Sosial Hj Martini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yuhelmi dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Muhammad Fadhli.(grc)

Berita Lainnya

Index