Warga yang Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Siak Riau Keluhkan Jaringan Internet

Dibaca: 2699 kali  Jumat,27 Desember 2019
Warga yang Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Siak Riau Keluhkan Jaringan Internet
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Fenomena terjadinya Gerhana Matahari Cincin, bagi masyarakat Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Kamis (26/12/2019), menjadi kebanggaan tersendiri.

Namun, dengan anggaran yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pariwisata sebesar Rp1 miliar, menuai kritikan. Pasalnya, sejumlah warga yang hadir untuk melihat fenomena gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, mengeluhkan sulitnya jaringan internet di lokasi tersebut.

Seorang warga Pekanbaru bernama Lastri mengatakan kepada GoRiau.com, jaringan internet pada smartphone miliknya tidak stabil. Bahkan, untuk membuat instastory di instagram, status whatsapp dan posting foto serta video di facebook tidak bisa.

"Jaringannya terkadang 4G, kadang H+, bahkan sempat 3G. Saat jaringan internet 4G, mengirim pesan dan foto melalui aplikasi whatsapp saja tidak bisa," keluh ibu dua anak ini saat bercerita disela-sela acara gerhana matahari cincin, Kamis (26/12/2019).

Ia mengatakan juga, padahal banyak warga yang mau posting kejadian di lokasi gerhana matahari cincin. Namun, karena jaringan internet tidak memadai, banyak yang kecewa.

"Seharusnya panitia acara ini sudah mempersiapkan sebaik mungkin, tentang jaringan internet. Warga yang datang juga membantu mempromosikan daerah ini juga.

Tapi, buat kami sosialita jadi terkendala karena jaringan internet," ungkap Lastri yang mengenakan gamis berwarna merah muda senada dengan jilbabnya.

Hal senanda juga diakui warga Pangkalan Kerinci, Robi, dimana dirinya kesulitan menghubungi kerabatnya yang terpisah dari rombongan. Tidak hanya jaringan internet saja yang dikeluhkan, bahkan untuk mengirim pesan atau short message service (sms), saja susah.

"Saya dengar, anggaran acara ini memcapai Rp1 miliar. Seharusnya panitia meminta kepada provider telekomunikasi untuk meningkatkan bandwidth internet di sini.

Karena semuanya itu bisa dikomunikasikan dan dikoordinasikan, jika memang mau," ujarnya yang sejak pukul 08.00 WIB sudah di lokasi acara. Untuk diketahui, anggaran Gerhana Matahari Cincin sebesar Rp1 miliar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. (grc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »