Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Bengkalis Ikuti Tes Kompetensi

Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Bengkalis Ikuti Tes Kompetensi

RIAUTERBIT.COM - Sejak dibuka November 2019 dan dinyatakan lulus administrasi, 14 calon pejabat pimpinan tinggi pratama (PPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mengikuti uji kompetensi manajerial di Balai Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Provinsi Riau.

Seleksi terbuka pengisian jabatan PPTP sebagai Inspektur, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kepala Dinas Pertanian (Distan) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Setiap calon juga bisa memilih tiga dari lima jabatan yang dilelang terbuka tersebut. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Djamaludin mengatakan, seleksi kompetensi manajerial dilaksanakan selama dua hari sejak Selasa (10/12/19) kemarin.

"Seleksi manajerial dilaksanakan berupa tes tertulis dan wawancara. Ada beberapa materi uji yang dites pada kompetensi manajerial ini, diantaranya tes tertulis kemampuan manajerial, psikologi, dan diskusi wawancara.

Peserta yang mendaftar ini hadir seluruhnya," ungkap Djamaludin, Rabu (11/12/19) kemarin. Ditambahkan ASN yang pernah menjabat Kepala Dinas Damkar ini, hasil tes kompetensi manajerial akan diumumkan nantinya dalam waktu dua hari setelah tes. Mereka yang lulus dari kompetensi manajerial nantinya akan melanjutkan tes kompetensi bidang.

"Direncanakan minggu depan akan dilaksanakan seleksi terbuka kemampuan bidang, membuat makalah dan presentasinya," katanya lagi. Untuk seleksi ini pihaknya sudah menunjuk panitia seleksi (pansel), terdiri dari akademisi.

Hasil tes nantinya baru akan disampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk memilih nama yang akan direkomendasikan mengisi jabatan.

"Mudah mudahan awal tahun depan sudah bisa diisi jabatan tinggi pratama yang masih kosong tersebut," tandasnya.*(rtc)

Berita Lainnya

Index