Sirkuit Balap akan Dibangun di Kawasan Stadion Utama Riau, Dispora: Tergantung Uji Kelayakan

Dibaca: 2069 kali  Senin,09 Desember 2019
Sirkuit Balap akan Dibangun di Kawasan Stadion Utama Riau, Dispora: Tergantung Uji Kelayakan
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengakui berencana akan membangun sirkuit balap di kawasan Stadion Utama Riau di Pekanbaru pada tahun 2021.

Namun rencana itu tergantung hasil uji kelayakan yang akan dilakukan di tahun 2020. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Doni Aprialdi , Ahad (8/12/2019).

Dia mengatakan, untuk uji kelayakan rencana pembangunan sirkuit balap itu dialokasikan di APBD Riau tahun 2020, yang mana pagu anggaran berada di Dinas PUPR Riau.

"Iya kita ada rencana membangun sirkuit balap di kawasan Stadion Utama Riau. Tapi ini tergantung hasil uji kelayakan nanti seperti apa, dan untuk uji kelayakan sudah dianggarkan di APBD 2020 sebesar Rp400 juta," katanya.

Kemudian untuk perencanaan pembangunan, lanjut Doni, akan dialokasikan di APBD perubahan 2020. Sedangkan untuk pembangunan dilaksanakan pada tahun 2021, yang sesuai rencana akan menggunakan APBN.

"Untuk membangun sirkuit itu rencananya bisa menggunakan APBN, sehingga sirkuit itu bisa menjadi sirkuit balap nasional. Apalagi Riau sangat dekat dengan negara tetangga Malaysia," ujarnya.

Ditanya selain Stadion Utama Riau, lahan mana yang disiapkan jika hasil uji kelayakan kawasan itu tidak cocok untuk sirkuit. "Kita tunggu dulu uji kelayakan, baru bisa kita carikan lahan lain. Kalau sekarang kita tak bisa menerka.

Tapi sejauh ini memang kawasan Stadion Utama yang cocok, karena memiliki luasnya 67 hektar," cakapnya. Disinggung apakah sirkuit itu tidak menggangu mengingat saat ini Pemprov Riau tengah fokus membenahi stadion kebanggaan masyarakat Riau itu.

"Enggaklah. Studi kelayakan itu yang menentukan nanti, supaya tidak mengganggu Stadion Utama yang sedang kita siapkan untuk venue Piala Dunia U20," tukasnya.(ckc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »