Inilah Indonesia, Tjahjo Kumolo: Ada Menteri yang Berani Mengata-ngatai Presiden

Inilah Indonesia, Tjahjo Kumolo: Ada Menteri yang Berani Mengata-ngatai Presiden
Tjahjo Kumolo

Jakarta-(Riauterbit.com)-Aroma reshuffle kabinet kian menguat usai Presiden Jokowi meminta laporan kinerja menteri dan mengevaluasinya. Sejumlah isu pun menyeruak mengenai siapa-siapa saja yang bakal dicopot atau pun ditukar posisinya.

"Kalau sampai ada menteri yang sudah dipilih dilantik masih lakukan hal-hal yang tidak mendukung kebijakan presiden secara terbuka apalagi mengecilkan arti presiden saya yakin Bapak Presiden sudah dapatkan data-data siapa menteri tersebut yang tak loyal apalagi mengecilkan arti Presiden," tutur Mendagri Tjahjo Kumolo usai buka puasa di kediaman Menko PMK Puan Maharani, Jl Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (28/6/2015).

Tjahjo kemudian menjelaskan bahwa sejak awal Presiden Jokowi tak pernah membeda-bedakan mana menteri yang berasal dari partai politik tertentu atau pun non partai. Sebagai bagian dari kabinet, Tjahjo mengaku tahu siapa-siapa saja yang dianggap tak loyal.

"Kalau (misal) masyarakat mengata-ngatai Presiden, kan sekarang terbuka bisa pers bisa medsos. (Tapi) kalau sampai pembantu Presiden yang ngomong enggak pantes!" ujar Tjahjo.

"Memang ada menteri yang mengata-ngatai Presiden?" tanya wartawan.

"Ada!" jawab Tjahjo dengan nada tinggi.

Tjahjo kemudian enggan menyebut siapa menteri tersebut. Dia juga tak membahas soal pernyataan seperti apa yang dianggap mengata-ngatai Presiden.

Meski demikian Tjahjo menyampaikan bahwa Jokowi tak ingin menterinya terpengaruh isu reshuffle. Para menteri diminta fokus pada pekerjaannya.

"Ada menteri yang jalan sendiri tidak mengikuti Presiden," ujar dia kemudian.

Sementara itu pada acara buka puasa bersama pada malam hari ini dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja yang antara lain adalah Menko Polhukam Tedjo Edy Purdijatno, Menkum HAM Yasonna Laoly, Mendikbud Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono. Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Setya Novanto juga hadir dalam acara ini.

Selain itu juga ada Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Hanura Wiranto, Ketum PKS Anis Matta dan Ketum PDIP yang juga ibunda dari Puan yaitu Megawati Soekarnoputri. Calon KaBIN Sutiyoso juga hadir pada acara malam hari ini. (bpn/kha/detik)
 

Berita Lainnya

Index