Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.

HMI Kota Banjar Gelar Diskusi Publik

HMI Kota Banjar Gelar Diskusi Publik

Banjar - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banjar menggelar acara diskusi publik dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. Diskusi publik tersebut dilaksanakan di Silogisme Coffe, Jl. Husein Kartasasmita No.131 Pintusinga, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (28 Oktober 2019) malam.

Diskusi publik atau rembug bareng ini mengangkat tema "Wal Tandhur Nafsun Ma Qaddamat Li Ghod atau Peliharalah sejarahmu untuk bekal hari esok". Untuk pembicara dalam acara ini, diantaranya Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., Alumni HMI sekaligus Ketua KPU Kota Banjat, Dani Danial Muhklis serta Ketua HMI Cabang Kota Banjar, Ramdani.

Sebanyak 35 orang hadir mengikuti acara diskusi publik, diantaranya pengurus dan kader HMI Cabang Kota Banjar, tokoh pemuda, Ketua BEM STIKES BP, dan perwakilan GMNI Kota Banjar. Mereka merupakan perwakilan dari berbagai organisasi kemahasiswa dan tokoh pemuda di Kota Banjar.

Ketua Panitia Budi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk diskusi publik atau rembug bareng yang dilaksanakan HMI Cabang Kota Banjar dan rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali terutama di hari Jumat. Peringatan Hari Sumpah Pemuda harus menjadi momentum merefleksi gerakan pemuda 91 tahun yang lalu dan menjadi dasar untuk mengkolaborasi gerakan kepemudaan, utamanya di Kota Banjar.

"Kegiatan diskusi publik rembug bareng yang dijadikan momen spesial pada hari sumpah pemuda. Ini juga momentum yang tepat, untuk menyatukan gerakan kepemudaan di Kota Banjar," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua HMI Cabang Kota Banjar, Ramdani mengucapkan terimakasih atas dukungan Polres Banjar dan Ketua KPU Kota Banjar yang telah berkenan hadir. Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa materi kepada para peserta.

"Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih atas kehadiran teman-teman mahasiswa dan tokoh pemuda di Kota Banjar serta Kapolres Banjar hingga Ketua KPU Kota Banjar. Disi sebagai pemateri saya menyampaikan tentang hiatoris atau sejarah Sumpah Pemuda kepada para peserta," tutur Ramdani.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana, S.I.K., dalam kesempatan ini mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda kepada semua peserta dan tamu undangan yang hadir. Selain itu, ia berterimakasih dan menyambut baik dengan adanya kegiatan diskusi atau rembug bareng HMI, yang mana Pemuda tidak boleh berdiam diri dan memang harus bergerak serta berkarya sesuai dengan jalurnya.

"Namun semuanya harus jelas maksud dan tujuannya serta dilakukan dengan baik. Saya juga mengajak kepada para pemuda khususnya di Kota Banjar untuk bersama-sama memerangi paham Radikalisme, Kriminalitas serta menguatkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme," jelas Kapolres.

Alumni HMI sekaligus Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis menyampaikan bahwa dirinya merasa bangga di momentum Hari Sumpah Pemuda ini, HMI Cabang Kota Banjar masih peduli merayakannya dengan bentuk diskusi publik.

"Fase kebangkitan sumpah pemuda, tahun
1928 momentum bagaimana menyatukan Indonesia dan memberikan ide yg sama dalam menyatukan persatuan. Tahun 1945 momentum Pemuda menjadi pendorong kemerdekaan Mengusir penjajah, di tahun 1966 menjadi Momentum Puritansi atau mengokohkan kembali ideologi. Tahun 1973  momentum lahirnya cipayung dan KNPI serta gerakan tuntutan Tritura serta di 1998 adalah momentum menumbangkan Orde Baru," terangnya.

Diharapkan dalam rembug bareng atau diskusi publik ini para pemuda akan bangkin sesuai dengan momen dan sasaran. "Itu semua sasaran bersama dengan isu yang jelas pula," tandasnya.

Berita Lainnya

Index