Program Tagana Masuk Sekolah Diikuti Puluhan Pelajar Di Kabupaten Ciamis

Dibaca: 1346 kali  Senin,21 Oktober 2019
Program Tagana Masuk Sekolah Diikuti Puluhan Pelajar Di Kabupaten Ciamis
Ket Foto :

CIAMIS: Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, menggelar serangkaian kegiatan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah "Pelatihan Mitigasi dan Diklat Kebencanaan Pada Satuan Pendidikan Melalui Program Tagana Masuk Sekolah (TSM)".

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, yaitu pada Sabtu dan Minggu, Tanggal 19 - 20 Oktober 2019, bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

"Sekitar 60 orang siswa-siswi SMA, SMK, MA, yang ada diwilayah Kecamatan Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Banjaranyar, Pamarican, Cidolog, Cimaragas, dan Cisaga, mengikuti kegiatan Mitigasi dan Diklat Kebencanaan Pada Satuan Pendidikan Melalui Program Tagana Masuk Sekolah",Ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan Dudung Hidayat. 

Dudung, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan tersebut para relawan Tagana Kabupaten Ciamis, mengenalkan jenis bencana, strategi kesiapsiagaan, mitigasi, pelatihan pertolongan pertama, layanan psikososial dan simulasi menghadapi bencana, kepada para siswa. 

Selain itu, lanjut Dudung, para relawan Tagana, juga membekali dan mengenalkan para siswa, terkait tanda petunjuk jalur evakuasi, pengenalan simbol bahaya, serta pengorganisasian penanggulangan bencana di satuan pendidikan.

"Pengenalan bencana pada siswa karena anak-anak yang paling berisiko menjadi korban saat bencana melanda," katanya.

Dengan kegiatan Pelatihan Mitigasi, dan Diklat Kebencanaan Pada Satuan Pendidikan Melalui Program Tagana Masuk Sekolah (TMS) ini, diharapkan para siswa di Sekolah bisa paham bagaimana cara melakukan evakuasi saat bencana melanda.

Terpisah, Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, menjelaskan bahwa dengan adanya program Tagana Masuk Sekolah (TMS) diharapkan semakin banyak siswa, khususnya yang ada diwilayah Kabupaten Ciamis, faham akan kondisi lingkungan, daerah yang rawan bencana, serta bagaimana bisa selamat saat bencana terjadi.

"Pelatihan Mitigasi dan Diklat Kebencanaan Pada Satuan Pendidikan Melalui Program Tagana Masuk Sekolah (TMS) ini sangat penting untuk dilaksanakan, sebagai salah satu cara untuk  mengenalkan, serta menularkan soal kesiapsiagaan bencana pada siswa", Ujar Ade Waluya 

Ade Waluya, berharap dengan kegiatan Pelatihan Mitigasi dan Diklat Kebencanaan Pada Satuan Pendidikan Melalui Program Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang diberikan oleh FK Tagana Kabupaten Ciamis ini, membuat para siswa-siswi diwilayah Kabupaten Ciamis, khususnya yang berada dan tinggal di kawasan rawan bencana semakin siap, dan siaga, saat terjadi musibah bencana terjadi. Harapnya.(Nir)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »