Gelar Workshop Pasca Pemilu, Dewan Pers: Media Harus Bisa Mengedukasi Masyarakat

Dibaca: 1298 kali  Kamis,12 September 2019
Gelar Workshop Pasca Pemilu, Dewan Pers: Media Harus Bisa Mengedukasi Masyarakat
Ket Foto : Dewan Pers bersama Media di Riau dalam kegiatan 'Workshop Pasca Pemilu' di Hotel Pangeran Pekanbaru. Kamis (12/9/2019)

RIAUTERBIT.COM - Pasca Pemilu 2019 yang telah lalu, Dewan Pers menggelar kegiatan Workshop, Kamis (12/9/2019) di Hotel Pangeran Pekanbaru Riau.

Kegiatan Workshop Dewan Pers di Pekanbaru ini mengangkat tema 'Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019'.

Workshop Dewan Pers dihadiri Pimpinan Organisasi Wartawan PWI, AJI, IJTI , AMSI, SMSI, SPS, PRSSNI dan 50 Pimpinan Media di Provinsi Riau.

Disampaikan Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers Agung Dharmajaya dalam kegiatan Workshop, dalam hal liputan pemilu, media juga harus menyampaikan nilai edukasi kepada masyarakat. 

Sebab kata Agung, merupakan tanggung jawab media dalam mencerdaskan masyarakat dalam hal informasi, seputar Pemilu.  

"Harus ada nilai edukasi yang disampaikan kepada masyarakat, tidak hanya melulu iklan dan lainnya", ungkap Agung.

Diskusi dalam Workshop juga membahas soal Politik lokal yakni Pilkada dan Pemilu di Provinsi Riau. 

Diungkapkan DR Fatmawati pembicara dalam kegiatan Workshop, hasil risetnya mengatakan bahwa media di Riau tidak cukup kritis terhadap pendidikan Politik di Riau.

"Media tidak cukup kritis terhadap pendidikan politik di Riau, misalnya soal informasi dalam mencerdaskan masyarakat", ujar Dosen UIR ini. 

Tak lupa DR Fatmawati menyindir soal pekatnya kabut asap di Provinsi Riau hari ini. Di depan wartawan dan Pimpinan Media, Fatmawati mengibaratkan Kabut Asap di Riau seperti salju.

Media di Riau harus bisa mengedukasi masyarakat dalam memilih calon Pemimpin di Riau, agar calon Pemimpin di Riau ke depan dapat memasukkan salah satu program Visi Misi pengentasan kabut asap yang terjadi setiap tahun, ungkap Fatma.

Diskusi Workshop Dewan Pers dipandu DR Syafriadi dosen Mata Kuliah Delik Pers salah satu Perguruan Tinggi di Pekanbaru.

Di sela-sela kegiatan Workshop turut diperingati Wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Bagi kalangan Pers, Almarhum Bj Habibie mempunyai jasa besar dalam melahirkan UU Pers.***

source : Radar Pekanbaru

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »