Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Riau

Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Riau

Jakarta-(Riauterbit.com)-Kebakaran hutan mulai menghantui wilayah Riau kembali. Polisi dan warga pun harus berjibaku memadamkan titik-titik api hingga waktu berbuka puasa datang.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Rabu (24/6/2015). Dia menjelaskan, kebakaran hutan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB di Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai.

Pemadaman kebakaran hutan ini, kata Guntur, dimpimpin Kapolsek Dumai Barat Kompol Sasli Rais bersama 25 personilnya. Ditambah 5 personil tim Manggala Agni, Babinsa serta masyarakat setempat.

"Pemadaman dilakukan dengan cara sederhana bermodalkan mesin pompa air. Kebakaran hutan di saat musim kemarau ini di lokasi kawasan bergambut sekitar luasan 2 hektare," kata Guntur.

Keterbatasan alat, kata Guntur, membuat tim kesulitan untuk memadamkan api. Apa lagi kondisi kawasan semak belukar itu kering di saat kemarau.

"Hingga sore tadi hanya sebagian saja yang bisa dipadamkan. Ini juga karena sulitnya mendapatkan sumber air. Kobaran api hingga saat ini belum bisa dipadamkan seluruhnya," kata Guntur.

Penyebab kebakaran hutan ini, kata Guntur, masih dalam penyelidikan. Pihaknya masih mengumpulkan saksi untuk mencari tahu penyebab kebakaran ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Tim semuanya sudah berusaha semaksimal mungkin. Tapi kondisi sumber air serta lahan yang kering memang sulit dilakukan pemadaman," tutup Guntur.
(cha/vid/dtk)

Berita Lainnya

Index