Tim Pengabdian UNRI 2019 melakukan sosialisasi PHBS di Sekolah Desa Aliantan

Tim Pengabdian UNRI 2019 melakukan sosialisasi PHBS di Sekolah Desa Aliantan

riauterbit.com Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan dikalangan anak-anak, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) di Desa Aliantan Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, melaksanakan Sosialisasi Kesehatan tentang Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diSDN 002 Kabun dan SDN 013 Kabun. Yang mana sosialisasi kesehatan ini dilakukan dalam waktu yang berbeda. Sosialisasi Kesehatan untuk PHBS di SDN 002 Aliantan dilakukan pada Sabtu (13/7/2019) dan Sosialisasi Kesehatan untuk PHBS di SDN 013 Aliantan di lakukan pada Sabtu (27/7/2019).
Penyuluhan yang diusulkan oleh Mahasiswa Kukerta Unri Aliantan terbagi kedalam 2 bagian materi yang diajarkan tiap minggunya, yaitu  tata cara cuci tangan dengan sabun dan cara menyikat gigi yang baik dan benar.Dengan memiliki kesadaran PHBS, para peserta didik diharapkan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Selain itu peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran  akan pentingnya menjaga kesehatan, juga mampu meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses belajar di sekolah.
“Saya sangat mendukung kegiatan Sosialisasi Kesehatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) di Desa Aliantan, karena banyak memberikan dampak positif bagi peserta didik kami dan peserta didik  dapat mengetahui arti pentingnya hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari. ” ujar Yurisman, selaku kepala sekolah SDN 002 Kabun.
Agar memudahkan siswa dalam memahami materi, kelompok Kukerta UNRI Desa Aliantan mengajarkan langkah - langkah PHBS tersebut dengan sebuah poster dan menggunakan sebuah lagu yang menjelaskan tentang langkah-langkah melaksanakan PHBS.
Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama peserta didik dengan Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Aliantan. Dan dilanjutkan dengan pemberian plakat dari Mahasiswa Kukerta Unri Desa Aliantan kepada pihak sekolah SDN 002 Kabun dan SDN 013 Kabun.
Oleh: Suputri (Tim Kukerta Tematik UNRI 2019 Desa Aliantan, Rohul)

Berita Lainnya

Index