Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74

Waka Polres Banjar hadiri acara pawai alegoris.

Dibaca: 1509 kali  Selasa,20 Agustus 2019
Waka Polres Banjar hadiri acara pawai alegoris.
Ket Foto :

Kota Banjar, riauterbit.com. Waka Polres Banjar Kompol Drs Ade Najmulloh bersama ribuan warga mengikuti pawai alegoris dalam memeriahkan HUT ke-74 RI di Kota Banjar, Jawa Barat. Karnaval yang diselenggarakan setiap setahun sekali ini sebagai upaya Pemkot Banjar untuk menarik wisatawan.

Peserta pawai alegoris terdiri dari 25 desa/kelurahan, 26 SMP dan SMA sederajat, kecamatan, SKPD, BUMD, BUMN dan instansi lainnya. Pawai ini berpusat di sekitar Alun-alun Banjar tepatnya di Jalan Letjen Soewarto. 

Setiap peserta menampilkan berbagai kreasi unik dan program unggulannya seperti setiap instansi pemerintahan Kota Banjar menampilkan capaian kinerja dan sosialisasi kepada masyarakat. Sekolah menampilkan prestasi serta kerajinan unggulan. TNI dan Polri menampilkan alutsista dan kendaraan operasional untuk menjaga keamanan wilayah.

Sedangkan masing-masing desa dan kelurahan menampilkan produk unggulan dan hasil industri rumah tangga, pertanian dan peternakan seperti menghias kendaraan dengan bentuk ikan lele, ikan gurame, perahu, hingga berbentuk buah-buahan seperti pepaya dan lainnya.

Karnaval ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dari Jalan Letjen Soewarto, disaksikan langsung oleh Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih beserta para pejabat di panggung kehormatan. Kemudian arak-arakan terus melaju memutari wilayah perkotaan Banjar. 

Pawai alegoris ini diikuti juga oleh Personil Polres Banjar yang menampilkan pasukan Polres Banjar dari setiap Fungsi dan tentunya oleh ribuan warga yang telah menunggu sejak pagi. Menurut warga pawai alegoris ini sangat ditunggu sebagai bentuk hiburan. 

"Setiap setahun sekali ada pawai alegoris, memang ditunggu-tunggu. Biasanya dilaksanakan sehari setelah upacara hari kemerdekaan," ujar Mia (23) salah seorang warga Banjar saat ditemui sedang menyaksikan pawai alegoris, Selasa (20 Agustus 2019).

Sementara itu, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menuturkan pengembangan wisata merupakan bagian penting dari suatu daerah. Pariwisata dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, memperluas lapangan kerja dan mendorong industri.

"Pawai alegoris pesta rakyat ini salah satunya dapat memperkenalkan dan mempromosikan keragaman dan keindahan budaya serta potensi daerah di Kota Banjar. Sekaligus dapat meningkatkan persaudaraan baik daerah, nasional hingga internasional," ucap Uu. 

Dalam memeriahkan HUT RI, Kota Banjar selalu menyajikan pawai alegoris pesta rakyat tersebut. Diharapkan setiap tahun dapat menciptakan karya-karya inovatif dari putra daerah dan kreasi pembangunan. Sekaligus menjadi daya tarik untuk pengembangan promosi wisata Kota Banjar. 

"Kami mengajak masyarakat, TNI, Polri dan stakeholder lainnya mari melaksanakan pembangunan Banjar, supaya Banjar makin Berseri," ujarnya.

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »