Oshibana 'Souvenir Anak-Anak Desa Sri Tamjung

Dibaca: 1395 kali  Kamis,15 Agustus 2019
Oshibana 'Souvenir Anak-Anak Desa Sri Tamjung
Ket Foto :

riauterbit.com. Sabtu (27/7) siswa-siswi SDN 26 Rupat membuat souvenir oshibana yang ditajah oleh mahasiswa Kukerta Unri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak dalam memanfaatkan dan memberikan edukasi mengawetkan tumbuhan dengan cara sederhana.

“Antusiasme peserta didik sangat tinggi, sehingga kegiatan yang kami laksanakan ini berjalan dengan lancar” ujar Murni selaku penanggung jawab kegiatan.

Oshibana sendiri berasal dari Jepang, awalnya tumbuhan yang diambil dikeringkan dulu dengan cara dihimpit dengan kertas koran. Setelah itu tumbuhan dioleskan atau diseprotkan alkohol agar saat pengepresan atau dilaminating tanaman tidak berjamur. Tanaman tadi nantinya dapat disusun sesuai kreativitas diri masing-masing dengan menempelkannya di kertas menggunakan lem Fox.

Dalam kegiatan di sekolah, peserta didik dibagi ke dalam lima kelompok dan diberikan alat dan bahan yang dibutuhkan. “kami disebar kesetiap kelompok untuk membimbing kerja adik-adik kelas VI SDN 26 Rupat dalam membuat oshibana, namun bentuk atau pola penyusunannya kami serahkan kepada adik-adik yang terlibat” ujar Deri.

Suci dan teman-teman mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan, selain itu juga mereka diberikan contoh yang dapat menginspirasi dalam menyusun oshibana seperti bentuk sepeda, hewan, tanaman lengkap dan banyak lagi.

“kami sangat mendukung kegiatan yang ditajah mahasiswa Kukerta ini, kami berharap kegiatan ini dapat membangun kreatifitas dan menambah wawasan peserta didik kami dalam  hal mengawetkan tanaman” ungkap bapak Sarbaini selaku kepala sekolah SDN 26 Rupat Kab. Bengkalis.

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »