Polres Kampar Gelar Rakor Eksternal Persiapan Operasi Ketupat Muara Takus 2019

Polres Kampar Gelar Rakor Eksternal Persiapan Operasi Ketupat Muara Takus 2019
Polres Kampar Gelar Rakor Eksternal Persiapan Operasi Ketupat Muara Takus 2019

RIAUTERBIT.COM - Senin (27/5/2019) sekira pukul 09.50 wib, bertempat di Ruang Data Polres Kampar dilaksanakan Rapat Koordinasi Eksternal dalam rangka Persiapan Operasi Ketupat Muara Takus 2019 Polres Kampar.

Rakor Eksternal ini dipimpin Waka Polres Kampar Kompol B.E. Banjarnahor SIK, MH yang mewakili Kapolres Kampar yang didampingi Kabag Ops Kompol Franky Tambunan ST.

Hadir pada Rakor ini Pejabat Utama Polres Kampar beserta Kapolsek Jajaran dan dari Stake Holders terkait, antara lain Perwakilan dari Kodim 0313/ KPR, Yonif 132/ BS, Dishub Kampar, Satpol PP Kampar, Diskes Kampar dan PMI, Jasa Raharja serta PLN Rayon Bangkinang.

Rakor ini dibuka oleh Waka Polres Kampar Kompol B.E. Banjarnahor SIK MH selaku Pimpinan Rapat, yang sekaligus memberikan kata sambutannya.

Disampaikan Waka Polres Kampar bahwa kita akan melaksanakan Operasi Ketupat Muara Takus 2019 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440-H serta kegiatan lain yang menyertainya.

Diharapkan rapat ini dapat berjalan dengan lancar serta menghasilkan sesuatu, untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2019 ini.

Selanjutnya paparan tentang Rencana Operasi Ketupat Muara Takus 2019 yang disampaikan Kabag Ops Kompol Franky Tambunan ST. Materi paparan meliputi Dasar Operasi, Time Line, Tujuan dan Rencana Pengamanan, Target Operasi, Prediksi Kerawanan, Struktur Operasi, Perkuatan Personel serta hal-hal lain yang terkait teknis pelaksanaan Operasi.

Dijelaskan Kabag Ops bahwa Operasi Ketupat 2019 ini merupakan Operasi terpusat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 28 Mei s/d 10 Juni 2019.

Juga disampaikan tentang langkah-langkah yang telah dilakukan menjelang pergelaran Ops Ketupat 2019 ini, yang diawali dengan pelaksanaan Ops Keselamatan 2019, Operasi K2YD, Operasi Yustisi serta kegiatan-kegiatan preventif untuk Cipta Kondusif.

Untuk Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2019 Polres Kampar ini akan dilaksanakan hari Selasa besok (28/5/2019) pukul 07.30 wib bertempat di Lapangan Pelajar Kec. Bangkinang Kota, yang akan diikuti personel dari seluruh Instansi / Stake Holders terkait.

Selama Operasi Ketupat 2019 ini Polres Kampar akan menggelar 5 Pos Pengamanan, dimana 3 diantaranya berada di Jalan Lintas Riau – Sumbar yaitu ; Depan SPBU Desa Rimbo Panjang, Lapangan Merdeka Bangkinang dan Kelok Indah Kec. XIII Koto Kampar, 2 Pospam lainnya berada di Simpang Petapahan Kec. Tapung dan depan SPBU Pandau Jaya di Jalan Raya Pasir Putih Kec. Siak Hulu.

Seluruh Pospam ini nantinya akan ditempatkan personel gabungan dari Polres Kampar dan Polsek Jajaran yang didukung Personel TNI dari Kodim 0313/ KPR dan Yonif 132/BS, Dishub Kampar, Satpol PP Kampar, Diskes Kampar beserta Ambulan Puskesmas serta dari Ormas Senkom.

Berikutnya paparan dari Kasat Intel AKP Edi Junaidi SH yang menjelaskan tentang Sasaran dan Target Operasi, Potensi Kerawanan, Kondisi Sasaran serta Rekomendasinya.

Paparan selanjutnya dari Kasat Lantas yang diwakili Kanit Regiden Ipda Angga Dewansyah S.Tr.K.

Dijelaskan bahwa pembangunan Pos Pam akan dirampungkan hari ini termasuk pengadaan nomor pengaduan (Call Centre) untuk masing-masing Pospam, guna memudahkan Masyarakat dalam meminta bantuan pihak Kepolisian selama pergelaran Operasi.

Disampaikan juga bahwa ada 9 titik daerah Rawan Macet yang menjadi Priotitas, untuk itu telah disiapkan Tim Urai Macet yang siap diturunkan untuk mengatasi kemacetan pada lokasi-lokasi tersebut.

Pada kesempatan rapat ini juga dilakukan penyampaian saran dan masukan dari peserta rapat terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2019, yang ditanggapi langsung oleh Waka Polres dan Kabag Ops.

Mengakhiri Rapat ini disampaikan Penekanan oleh Waka Polres Kampar, yaitu :

Suatu kebanggaan bagi Kita semua yang ditugaskan untuk mengamankan dan mengayomi Masyarakat.

Bagi personel yang telah ditugaskan dalam kegiatan Operasi ini agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab serta tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas.

Segala masalah dan hambatan yang ditemui selama pelaksanaan Operasi agar dilaporkan secara berjenjang untuk ditindaklanjuti.

Lakukan pembenahan terhadap rambu-rambu lalulintas serta petunjuk yang ada dijalan agar terlihat jelas oleh pengguna jalan, untuk Tim Urai Macet agar dikordinir dengan baik sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan optimal.

Rakor Eksternal Kesiapan Operasi Ketupat Muara Takus 2019 di Polres Kampar ini berakhir pada pukul 11.40 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.(hms)

Berita Lainnya

Index