MENGGALI POTENSI SDA DAN SDM DESA NEGLASARI

HMI KOTA BANJAR GELAR REMBUG BARENG

HMI KOTA BANJAR GELAR REMBUG BARENG

Kota Banjar, riauterbit.com. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Banjar menggelar Rembug Bareng, di Sekretariat Karang Taruna Sub Unit Dusun Cikapundung, Desa Neglasari, Kota Banjar, Jumat  kemaren (08/12/2018), dengan tema "Masyarakat Sadar Potensi, Indonesia Makmur''.

Acara dihadiri oleh Kepala Desa Neglasari, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Anggota Karang Taruna Dusun Cikapundung dan Desa Neglasari, sekaligus seluruh Kader HMI Cabang Kota Banjar.

Ketua HMI Cabang Kota Banjar, Joko Nurhidayat mengatakan kepada Wartawan bahwa salah satu tujuan dari tema Rembug Bareng HMI pada kali ini "Masyarakat Sadar Potensi, Indonesia Makmur'' adalah Penggalian Potensi yang ada di Masyarakat baik itu potensi Sumber Daya Alam ataupun sumber daya manusia yang ada di masyarakat Dusun Cikapundung, Desa Neglasari, Kota Banjar.

Dijelaskannya  sangat banyak sekali potensi-potensi masyarakat yang perlu kita angkat, dilestarikan dan didukung, diantaranya Potensi Lingkungan Cikapundung, agar Masyarakat Sadar akan potensinya, baik itu budaya, wisata ataupun yang lainnya, Selain kita diskusi sekitar potensi lingkungan, kita juga melakukan kajian dan observasi lapangan yang nanti hasilnya akan kita direkomendasikan baik itu masyarakat ataupun pemerintah kota Banjar.

Sementara itu, Kepala Desa Neglasari Bapak Setiaman menyampaikan  mengapresiasi karya Karang Taruna Sub Unit Dusun Cikapundung ANCIKGATA, dibawah naungan Karang Taruna Desa Neglasari Gita Muda, Kota Banjar, karena telah menginisiasi berdirinya Kelompok Tani Muda ( Taruna Pangan ) dan Kelompok Taman Baca ( INSAN CITA).

Dikatakannya  mudah-mudah kedepan Kampung Cikapundung bisa Menjadi Kampung Edukasi Berbasis Lingkungan di kota Banjar, dan bisa berdiri kelompok-kelompok yang lainnya dipelopori oleh Karang Taruna.

"Karena melihat aktivitas dan Lingkungan Masyarakat Dusun Cikapundung bisa memberikan unsur-unsur edukasi secara alami atau non formal, dengan mengangkat kearifan-kearifan lokal, serta kreativitas Pemuda  dan  Masyarakat', ungkapnya. 

Ini juga, dijelaskannya sinkron dengan program kami di Desa Neglasari yaitu kami sedang menggali potensi-potensi di Desa Neglasari untuk ditindaklanjuti dalam rencana pembangunan kedepan. 

Sedangkan, Ketua Karang Taruna Sub Unit Dusun Cikapundung  Dian Herdiana, atau ANCIKGATA menyampaikan  inilah salah satu Ikhtiar Karang Taruna Sub Unit Dusun Cikapundung untuk merawat menjaga dan melestarikan lingkungan, dan jauh lebih penting ini juga menjadi salah satu cara untuk memberikan Edukasi kepada anggota Karang Taruna bahwa pentingnya berorganisasi di karang taruna sebagai lahan pengabdian di masyarakat. (Munir)

Berita Lainnya

Index