Beginilah Nasib Negeri Kami,799 Desa Riau Belum Peroleh Penerangan Jalan

Dibaca: 7914 kali  Jumat,19 Juni 2015
Beginilah Nasib Negeri Kami,799 Desa Riau Belum Peroleh Penerangan Jalan
Ket Foto :

Pekanbaru-(Riauterbit.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat 799 desa atau kelurahan di Provinsi Riau, kini masih belum memiliki penerangan pada jalan utama, sehingga masyarakat yang berdiam di daerah itu masih memiliki keterbatasan dalam melaksanakan kegiatan.

"Kabupaten atau kota dengan persentase desa atau kelurahan mereka tertinggi yang belum memiliki penerangan pada jalan utama desa atau kelurahan adalah Kabupaten Rokan Hulu tercatat sebesar 73 persen,"kata Kepala BPS Provinsi Riau, Mawardi Arsyad, dalam keterangannya di Pekanbaru, Riau.

Menurut Mawardi,  persentase desa atau kelurahan mereka terendah  yang belum memiliki penerangan pada jalan utama desa adalah Kota Pekanbaru yang tercatat sebesar lima persen.

Kendati demikian,katanya,memang hampir seluruh desa dan kelurahan di Riau telah terdapat keluarga pengguna
listrik. Hanya satu desa atau kelurahan di Kabupaten Bengkalis yang belum ada keluarga pengguna listrik.

"Keluarga pengguna listrik terdiri atas keluarga pengguna listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan keluarga pengguna listrik non-PLN,"katanya dan menambahkan data ini direkap dalam pendataan potensi desa.

Sementara itu sumber penerangan jalan utama desa atau kelurahan dapat berasal dari pemerintah dan non-pemerintah atau pengelolaan listrik oleh pihak swasta.

Untuk penyediaan listrik oleh pemerintah, katanya lagi, jika sumber pembiayaan penerangan jalan utama desa atau kelurahan berasal dari pemerintah.

Sedangkan listrik non-pemerintah, jika sumber pembiayaan penerangan jalan utama desa atau kelurahan dari pihak swasta atau swadaya masyarakat. (ant/arif)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »