Bawaslu Riau Tinjau Pencetakan Surat Suara Pilgub Riau di Malang

Bawaslu Riau Tinjau Pencetakan Surat Suara Pilgub Riau di Malang
Bawaslu Riau Tinjau Pencetakan Surat Suara Pilgub Riau di Malang. Selasa (5/6/2018).

RIAUTERBIT.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau mengawasi langsung pencetakan surat suara untuk Pilkada Riau 2018 di perusahaan pemenang tender lelang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur.

"Bawaslu meninjau langsung PT Temprina Media Grafika yang beralamat di Jalan Pepen, Kelurahan Gambiran, Kecamatan Mojosari Kota Malang Provinsi Jawa Timur, selaku pemenang tender untuk pencetakan surat suara Pilgub Riau tahun 2018," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Komisioner Bawaslu Provinsi Riau Neil Antariksa saat berada di Malang, Selasa.

Neil menjelaskan mereka tim yang terdiri dari enam Komisioner Kabupaten yaitu  Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Bengkalis, dan Kabupaten Pelalawan, serta pihak KPU Riau ikut hadir dalam pengawasan tersebut.

"Saat ini  kami memonitoring, serta mengawasi seluruh proses pencetakkan dan pendistribusiannya sampai ke tujuan baik kota/kabupaten di Riau," ujar Neil.

Menurut dia, dalam proses selama pencetakan surat suara, pengawalan ketat dilakukan kepolisian setempat.

"Sedangkan oleh Brimob Polda Riau secara langsung akan terlihat dalam pendistribusian surat suara sampai ke tujuan," ujar Neil.

Dikatakan Neil proses selanjutnya pengiriman atau pendistribusian surat suara Pilgubri dibagi dalam tiga tahap.

Pengiriman pertama, surat suara dimuat dalam dua buah unit mobil. Satu unit mobil dengan bervolume besar ditujukan untuk tiga kabupaten/kota yakni Indragiri Hilir, Rokan Hilir, dan Pekanbaru.

Sedangkan satu unit mobil dengan volume kecil diperuntukkan Kabupaten Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.

Untuk pengiriman kedua, surat suara ditujukan untuk Indragiri Hulu, Kampar, dan Rokan Hulu.

Sedangkan pengiriman ketiga, surat suara ditujukan untuk Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, dan Dumai.

Sementara itu Divisi Logistik Keuangan dan Umum KPU Riau Sri Rukmini menyatakan pencetakan surat suara untuk Pemilihan Gubernur 2018 setempat dimulai  26 Mei 2018.

"Sesuai kontrak lelang pengadaan surat suara mulai 26 Mei naik cetak hingga proses 10 hari, " kata Sri Rukmini.

Ditambahkan dia pendistribusian mulai 6 Juni 2018 langsung ke kabupaten/kota se- Riau oleh pemenang tender.

Data dirangkum Antara jumlah DPT pada Pilkada Provinsi Riau 2018 ditetapkan sebanyak 3.622.488 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 1.840.292 pemilih dan perempuan 1.782.196 pemilih.

Sementara jumlah TPS ada 12.048  yang tersebar di 12 kabupaten dan kota se Riau.(ant)

Berita Lainnya

Index