Anak Isap Jari Atau Jempol Jangan Anggap Remeh, Ini Ulasannya

Dibaca: 1736 kali  Minggu,27 Mei 2018
Anak Isap Jari Atau Jempol Jangan Anggap Remeh, Ini Ulasannya
Ket Foto :

RIAUTERBIT.COM - Tahukah Anda, jika kebiasaan itu sulit berhenti, maka struktur gigi dan mulut anak saat tumbuh kembang bisa menjadi maju atau biasa disebut monyong. Meskipun tak selalu pemicu mulut monyong karena kebiasaan isap jempol. Bisa juga alasannya karena faktor keturunan.

Dokter Gigi dan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia drg. Nada Ismah, Sp.Ort menjelaskan kebiasaan isap jempol tak boleh dianggap remeh. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor.

‘’Bibir monyong itu bisa karena isap jari, atau punya polip jadi sering pilek dan bernapas lewat mulut. Akan tetapi yang tak boleh dianggap remeh itu kebiasaan isap jari,” kata Nada dalam peluncuran ‘Sasha Halal Toothpaste’ baru-baru ini.

Ternyata anak yang sering mengisap jempolnya kemungkinan besar mempunyai masalah kejiwaan atau psikologis. Beberapa faktor bisa mempengaruhi termasuk pola asuh.

“Anak isap jempol biasanya punya masalah psikis. Entah terlalu dimanja, anak tunggal, kurang kasih sayang atau orang tuanya bercerai,” papar Nada.

Nada berencana melakukan penelitian antara keterkaitan kebiasaan isap jempol dengan latar belakang pola asuh dan keharmonisan orang tua di dalam keluarga. Sebab meski dipandang sederhana, jika dibiarkan kebiasaan itu akan tidak baik hingga tumbuh kenbang anak.

“Pengalaman saya begitu, tetapi saya mesti teliti nih. Selama masih tumbuh kembang harus stop dulu kalau tak bisa dihentikan akan terus menerus,” tegasnya.(rpc)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »