Alfamart Semarakkan Balimau Kasai di Teratak Buluh dan Kampung Pinang

Dibaca: 6036 kali  Kamis,18 Juni 2015
Alfamart Semarakkan Balimau Kasai di Teratak Buluh dan Kampung Pinang
Ket Foto : Alfamart semarakkan Balimau Kasai. Selain membuka stand penjualan, umbul-umbul Alfamart juga meramaikan lokasi tepi Sungai Kampar dan menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi masyarakat yang mengikuti lomba panjat pinang, games dan doorprize.

PEKANBARU–(Riauterbit.com)-Di tengah derasnya arus globalisasi, sebagian masyarakat Indonesia nyatanya masih mempertahankan keaslian tradisinya. Salah satunya dapat ditemukan di Provinsi Riau, dimana masyarakatnya secara rutin menggelar tradisi Balimau Kasai.

Balimau Kasai merupakan sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat Riau untuk menyambut bulan Ramadhan. Acara yang lazimnya dilaksanakan sehari menjelang bulan suci ini merupakan ungkapan rasa syukur serta simbol penyucian diri.

Balimau sendiri bermakna membasuh diri dengan air yang dicampur jeruk limau atau jeruk nipis. Sedangkan kasai yang bermakna lulur dalam bahasa Melayu adalah wewangian yang terbuat dari bahan alami seperti beras, kunyit, daun pandan, dan bunga.

Sebelum prosesi Balimau Kasai, Togak Tonggol terlebih dahulu dilaksanakan sebagai upacara pembuka yang dipimpin oleh Datuk Rajo Bilang Bungsu. Selanjutnya, warga yang hadir akan beramai-ramai masuk ke sungai dan mandi bersama.

Sejak pagi hari, ribuan warga telah tampak memenuhi tepi Sungai Kampar untuk melaksanakan upacara sakralnya. Tahun ini, Balimau Kasai dilaksanakan di Desa Teratak Buluh dan Kampung Pinang Kabupaten Kampar, Rabu (17/6/2015).

Tradisi masyarakat setempat kali ini turut diramaikan oleh kehadiran perusahaan ritel modern, Alfamart. Membuka stand penjualan di 3 titik, Alfamart berhasil mencuri perhatian warga yang berkumpul di sana.

Branch Manager Alfamart Pekanbaru, Ardi Sulardi mengatakan, partisipasi Alfamart merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap tradisi masyarakat setempat. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan tradisi dan budaya seperti ini,” imbuhnya.

Selain membuka stand penjualan, umbul-umbul Alfamart juga meramaikan lokasi tepi Sungai Kampar dan Alfamart juga menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi masyarakat yang mengikuti lomba panjat pinang, games dan doorprize. “Kami berharap, partisipasi kami dalam kegiatan ini dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” pungkas Sulardi. (rls)

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »