Resmikan Jembatan Pogadih, Gubernur Andi Rachman Tepati Janji ke Warga Rohul

Resmikan Jembatan Pogadih, Gubernur Andi Rachman Tepati Janji ke Warga Rohul
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan jembatan Pogadih di Kecamatan IV Koto, Rohul, Kamis (1/2/2018).

RIAUTERBIT.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman kembali meresmikan jembatan untuk kesekian kalinya di Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (1/2). Kali ini jembatan yang di resmikan berada di Kecamatan IV Koto, yakni Pogadih.


Jembatan itu dulunya terbuat dari besi dengan jalan dari papan, yang kondisi sudah tidak layak lagi dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Sangat membahayakan bagi pengendara jika melewati jembatan yang sudah belasan tahun tak di ganti-ganti.


"Mungkin tak terhitung lagi sudah berapa jembatan yang sudah kita resmikan. Dan jembatan ini satu dari empat jembatan yang akan di resmikan hari ini,” ujar Gubernur Andi Rachman.


“Sejak tahun 2016, 2017 dan sekarang 2018 sudah banyak (jembatan) kita bangun. Saya pun lupa jumlahnya," imbuhnya.


Menurut Andi Rachman, jembatan yang dibangun di seluruh daerah termasuk di Rohul, merupakan program dari Pemprov Riau dalam pemerataan pembangunan di seluruh wilayah. “Harapan saya jembatan ini bisa dijaga, aset ini sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," ujarnya.


Gubernur menjelaskan, Kabupaten Rohul merupakan salah satu daerah yang diapit oleh dua provinsi, Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Dan perkembangan perekonomian di Rohul bisa cepat meningkat jika terbukanya akses jalan dan peningkatan infrastruktur.


"Masyarakat bisa mengangkut produksi pertanian, perkebunan dan lainnya, dengan infrastruktur yang telah jadi. Sekolah dan kesehatan mulai terjamin. Jalur ini merupakan jalur strategis ke depan, baik bagi Rohul maupun Riau. Jalur ini sampai ke provinsi tetangga," papar Gubernur Andi Rachman.


Sementara itu, seorang tokoh masyarakat Rohul, Rosidi Husein, menyampaikan Gubernur Andi Rachman membuktikan janjinya akan membangun infrastruktur di wilayah mereka. Mulai dari jalan yang telah di-rigid dan diaspal sampai jembatan yang telah diresmikan sebanyak 4 jembatan di dua kecamatan yang melewati jalur Rokan IV Koto ini.


"Janji Pak Gubernur telah terlaksana, dan kami berharap pembangunan di daerah kami terus dilanjutkan. Pada peresmian jembatan ini, kami hanya menginginkan kehadiran Pak Gubernur, dan terbukti beliau yang langsung datang. Masyarakat begitu antusias datang menyaksikan Pak Gubernur yang meresmikan jembatan ini," tutur Rosidi.


Rosidi menceritakan kepada gubernur, dengan telah dibangun lengkapnya infrastruktur di dua kecamatan ini, masyarakat mulai membawa hasil pertanian dan hasil lainnya ke daerah Ujung Batu. Biasanya mereka membawa penghasilan mereka ke provinsi tetangga yang lebih dekat.


"Selama ini hasil pertanian yang cukup banyak ini, ada yang dibawa ke Sumbar karena akses jalan lebih lancar. Dengan adanya pembangun jalan dan jembatan sekarang ini bisa menjual hasil pertanian ke daerah sendiri. Biasnya jalan ini susah di lalui termasuk jembatan, sekarang semua sudah rigid dan aspal," katanya.


Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau Dadang Purwanto, menjelaskan, ada empat jembatan yang diresmikan oleh Gubernur Andi Rachman, Kamis (1/2). Namun dikarenakan keterbatasan waktu hanya satu jembatan yang sempat diresmikan.


Jembatan Pogadih tersebut di bangun pada APBD Riau tahun 2017, dengan total anggaran sebesar Rp4,6 miliar. Manfaat dari jembatan ini untuk membukan isolasi daerah dan meningktkan aktifitas masyarakat terutama sektor perekonomian, dan menghubungkan Rohul dan Sumbar, tepatnya Pasaman. Termasuk dengan Sumut di Kabupaten Mandailing Natal.


"Jembatan ini kita bangun pas di sebelah jembatan yang sudah tidak layak lagi dilewati. Jembatan beton ini sepanjang 20 meter, dengan lebar 6 meter. Tentu dengan selesainya jembatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam peningkatan perekonomian," kata Dadang.


Selain meresmikan jembatan, Gubernur Riau bersama Plt Bupati Rokan Hulu Sukiman menyerahkan secara simbolis Rumah Layak Huni (RLH) kepada 15 warga. Itu merupakan bagian dari 162 RLH yang dibangun di Kabupaten Rohul.


Selain itu, pada kesempatan tersebut Gubernur Andi Rachman menyerahkan satu unit mobil ambulans yang diperuntukkan untuk Masjid Besar Istiqomah. (adv)

Berita Lainnya

Index