Resmikan Puskesmas Panipahan, Kadinkes Riau Cek Layanan Kesehatan Rohil Lainnya

Dibaca: 1140 kali  Selasa,16 Januari 2018
Resmikan Puskesmas Panipahan, Kadinkes Riau Cek Layanan Kesehatan Rohil Lainnya
Ket Foto : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir

RIAUTERBIT.COM - Sempena peresmian Puskesmas Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir yang dilaksanakan Senin (15/1), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir  menyempatkan diri bersama Kabid Pelayanan Kesehatan Yohanes berkunjung ke empat layanan kesehatan seperti  Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Dr. R.M. Pratomo Bagansiapiapi Rokan Hilir pada Minggu Siang (14/1).
   
"Kami sengaja melakukan kunjungan ke beberapa Puskesmas yang ada di Rohil ini untuk melihat langsung pelayanan dan sarana prasarana Kesehatan yang ada di Puskesmas tersebut sekaligus menghadiri peresmian Puskesmas Panipahan di Kecamatan Pasir Limau Kapas, " kata  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada antara melalui rilisnya di Pekanbaru, Senin.
   
Kunjungan perdana Kadinkes Prov. Riau di awal tahun 2018 kali ini bertujuan untuk melihat langsung pelayanan dan sarana prasarana Kesehatan yang ada di beberapa Puskesmas di Rokan Hilir.
   
Adapun Puskesmas yang dikunjungi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau tersebut diantaranya Puskesmas Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Puskesmas Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang, Puskesmas Bagan Punak Kecamatan Bangko, Puskesmas Sinaboi Kecamatan Sinaboi dan Rumah Sakit Umum Dr. R.M. Pratomo Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir.
   
Sebelumnya di akhir tahun 2017 lalu, Kadinkes Prov. Riau juga sempat berkunjung ke beberapa puskesmas yang ada di jalan Lintas Pekanbaru-Duri untuk melihat pelayanan kesehatan serta sarana prasarana kesehatan di Puskesmas-Puskesmas yang berada di jalur mudik natal dan tahun Baru 2018.
 
Ia menambahkan, beberapa Puskesmas yang dikunjungi sudah memiliki sarana prasarana kesehatan yang cukup memadai. Sarana kesehatan seperti Alkes , IPAL dan bangunan Puskesmas tersebut merupakan Bantuan Keuangan Daerah Provinsi Riau tahun 2017 dan Bantuan Dana Alokasi Khusus dari Kemenkes RI tahun 2017.

Kadinkes mengingatkan kepada Tenaga Kesehatan yang ada di Puskesmas untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Alat-alat kesehatan kita sudah cukup memadai, dan bangunan juga sudah bagus, dan yang tidak kalah penting diperhatikan adalah menjaga kebersihan peralatan yang digunakan serta lingkungan puskesmas supaya masyarakat merasa nyaman berobat serta meningkatkan pelaksanaan program promosi dan preventif baik didalam dan diluar Puskesmas.” Tegasnya kepada Nakes di 4 Puskesmas yang ia kunjungi tersebut.

Pada kesempatan itu juga diingatkan tentang SPM Kab kota, pelaksanaan program PIS-PK dan tanggap /waspada terhadap kasus-kasus penyakit yang sedang terjangkit seperti difteri, DBD  dllnya.

Saat berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R.M. Pratomo Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir didampingi Direktur RSUD dr. Tri Buana Tungga Dewi, M.Kes diajak berkeliling mengunjungi ke setiap ruangan. Uniknya, di RSUD Dr. R.M. Pratomo Bagansiapiapi ini masih terjaga bangunan asli RS dari awal berdiri yang dipertahankan sehingga menjadi ciri khas tersendiri RS Dr. R.M. Pratomo Bagansiapiapi tersebut.

Rumah sakit ini juga banyak mendapatkan bantuan Keuangan Dari Provinsi Riau 2017 berupa pengadaan alkes mata, bedah, rehab Medis, internist, Obgyne, pengadaan locker, perlengkapan alat Parkir, dan pengembangan ruangan IGD  dan rehab gedung utama serta Selasar RSUD Dr. R.M. Pratomo.

Bankeu ini merupakan kepedulian dan komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam meningkatkan Pelayanan Kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. (ant)

 

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »