IPAL Komunal Kecamatan Sail Diresmikan Asisten II Pemko Pekanbaru

IPAL Komunal Kecamatan Sail Diresmikan Asisten II Pemko Pekanbaru

RIAUTERBIT.COM-Asisten II Kota Pekanbaru Ir. Dedi Gusriadi,MT meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal. Pembangunan 1 unit IPAL tersebut menampung untuk rumah di kawasan RW 01/RT.05/02/01, Kelurahan Cinta Raja Kecamatan Sail, Kamis pagi (07/12).

Program Sanimas Berbasis Masyarakat dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat RI yang didanai Islamic Development Bank (IDB) telah selesai dibangun di kawasan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Asisten II Dedi Gusriadi mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru mengucapkan terima kasih dengan telah dibangunnya IPAL Komunal di beberapa kawasan di Kota Pekanbaru ini.

“Alhamdulillah, untuk 2017 ini Pemko mendapatkan sebanyak 11 Lokasi Pembanguan IPAL dari program Sanimas IDB akan dibangun di Kota Pekanbaru saat ini. Kita berharap, semoga saja ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi, mengingat masih banyaknya air limbah yang masih tidak terkelola di beberapa kawasan di Kota Pekanbaru Khususnya dikelurahan Cinta Raja ini," sebut Dedi.

Dikatakannya, dengan adanya bantuan pembangunan IPAL tersebut telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. Itu dikarenakan, saluran-saluran air limbah dari rumah masyarakat akan tertampung secara baik. Di samping itu juga akan menghadirkan limbah air yang tidak beracun dan tidak merusak lingkungan masyarakat.

“Yang menariknya lagi untuk kelurahan Cinta Raja ini, dimana saya sangat apresiasi juga untuk LKM nya cukup bagus dan bersama kelompok mambangun IPAL dan Dana itu bisa digunakan untuk pembangunan Posyandu ini luar biasa,”kata Dedi lagi.

Dedi mengajak masyarakat untuk merawat serta menjaga IPAL dan Posyandu ini dengan sebaik-baiknya.

“Semoga badan pengelola dari Sanimas ini bersama masyarakat mampu memelihara dan mengatur sehingga IPAL ini akan tahan dan dapat berfungsi dalam waktu yang lebih lama,”ungkap Dedi diakhir sambutannya.

Turut hadir, Kepala Satker Permukiman bersama Sekretarisnya, Camat Sail, Ketua LPM, Ketua LKM, perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya.(Adv-Diskominfo-Pku)

Berita Lainnya

Index