Tarmizi Piliang : Datuk Anto adalah solusi untuk Kampar 2017

Tarmizi Piliang : Datuk Anto adalah solusi untuk Kampar 2017
ilustrasi

Kampar-(Riauterbit.com)-Harapan masyarakat agar kampar dipimpin oleh orang yang faham terhadap kelestarian adat,merupakan keunikan kultur politik di kampar, pasalnya kampar merupakan kabupaten yang masih melestarikan nilai-nilai luhur adat-istiadat yang mengatur kehidupan selain pemerintahan.

Keinginan masyarakat kampar atas munculnya tokoh multi disiplin berlatar belakang adat serta faham terhadap pemerintahan merupakan gagasan salah politik dalam mencari figur untuk pemimpin kampar pada pilkada 2017 mendatang.

"sosok itu ada pada Edi Susanto " kata Ahmad Tarmizi Piliang, Tokoh Masyarakat Kampar Asal Rumbio Jaya.

Tarmizi Piliang menambahkan bahwa, Edi Susanto alias Datuk anto merupakan refresentasi tokoh yang mewakili masyarakat adat." Saya Rasa Datuk anto adalah solusi untuk kampar kedepan" tambah tarmizi yang juga sekjen IKOPAS ini.

Sebagaimana di beritakan ssebelumnya ,walau Pilkada masih lama,sejumlah nama tokoh mulai diperbincangkan di kampar,rakyat mulai mencari sosok calon Bupati dan Wakil Bupati kampar pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten kampar 2017 mendatang, berikut nama bakal calon Bupati Kampar : Masnur SH,Zulher MS, Aziz Zainal ,Ibrahim Ali SH, Eva Yuliana , Zulfan Hamid, Ahmad Fikri SAg,Jawahir,Prof Dr Zulfadil SE MBA.

Namun Untuk diketahui Keluarga Petahana Jefry Noer dikampar sepertinya terganjal maju pada pilkada 2017 mendatang karena dilarang oleh peraturan KPU, larangan keluarga incumbent mencalonkan diri dalam pilkada di daerahnya juga tercantum dalam Undang-undang nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang.


Namun kali ini sosok pendamping atau orang nomor dua (wakil bupati) juga turut menjadi isu penting dalam pentas politik di kampar.


Dari hasil survei yang dilakukan Kaukus Global Transparansi terhadap bakal calon wakil bupati kampar, hal mengejutkan Edi Susanto alias Anto bergelar Datuk Godang ninik mamak di Kenegerian Rumbio, Kampar.Ia Muncul sebagai sebagai tokoh yang memiliki popularitas yang tertinggi untuk posisi bakal calon wakil Bupati Kabupaten Kampar 2017 mendatang.

Dari hasil survei yang dilakukan Kaukus Global Transparansi merilis para tokoh populer yang kemungkinan akan mendapat dukungan rakyat apabila maju dalam pertarungan sebagai kontestan wakil Bupati Kampar, Provinsi Riau. Survei dilakukan untuk mengukur seberapa banyak pemilih yang mengenal kandidat.

Pertimbangan masyarakat Kampar dalam menentukan calon berdasarkan kepada track record atau jejak rekam sang tokoh, kemampuan, kompetensi , pengalaman , latar belakang profesi, popularitas serta dukungan para tokoh adat dan agama.
 
Survei sendiri dilakukan dengan metode multistage random sampling pada rentang 1 Januari 2015 s/d 1 Juni 2015 . Dilakukan terhadap 740 responden dari 21 kecamatan yang ada di Kampar (dengan sistem acak) serta dengan margin erorr 2,5.

Dari temuan hasil survei, nama Edi Susanto alias Anto  yang saat ini menjabat  ninik mamak di Kenegerian Rumbio bergelar Datuk Godang, Kampar dianggap tokoh yang memiliki popularitas tertinggi diantara para kandidat lainnya dengan tingkat popularitas perolehan 33,5 persen. Disusul Ibrahim Ali dengan 26,5 persen, Suharmin Hasan,SH anggota DPRD Kampar 14,5 Persen,Eka Sumahamid (Tokoh Muda kabupaten Kampar) 12 persen ,Zulfan Hamid (Sekda Kampar) 8 persen,Repol(anggota DPRD Kampar) 4,5 persen.


"Nama Edi Susanto alias Anto relatif dikenal di kalangan masyarakat ,bisa saja karena selama ini dirinya mendampngi Bupati Kampar turun ke masyarakat mengingat dirinya juga merupakan Ajudan Bupati Kampar sekaligus merupakan tokoh adat di kabupaten kampar, selain itu jika Anto benar benar dirinya maju maka dari nama cukup di untungkan, karena nama nya juga identik dengan nama jawa dan relatif bisa diterima diwilayah berpenduduk jawa Desa-Desa Transmigrasi" kata Romzizi Peneliti dari Kaukus Global Transparansi.

Sejumlah masyrakat juga turut memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap Edi Susanto , " Datuk anto adalah tokoh kami yang aktif memperjuangkan hak-hak anak kemenakan dan aktif dikegiatan sosial kemasyarakatan" kata Ahmad Adriyan Ketua BPD Desa Pangkalanbaru Kecamatan Siak hulu.

Menurut Adriyan selama ini anto dikenal orang sebagai sosok yang low profil" Jika kami hendak berjumpa bupati jefry noer selalu di permudah oleh anto dan dirinya sangat terbuka terhadap semua orang" tambah Adriyan.

Popularitas Edi Susanto ,gaungnya juga sampai ke telinga masyarakat Kampar di Perantauan yang ada di pekanbaru. Ahmad Tarmizi Piliang Sekretaris IKOPAS (Ikatan Keluarga Ocu Pekanbaru sekitarnya) turut memberi dukungan, " Kami akan sampaikan ke para keluarga yang ada di kampar khususnya di kecamatan Rumbio Jaya jika nantinya Datuk Anto berniat maju sebagai kandidat wakil bupati kampar akan kami beri dukungan" kata tarmizi. (T.Piliang)
 

Berita Lainnya

Index