Menikmati Escargot dari Kepulauan Riau

Dibaca: 5160 kali  Selasa,29 Agustus 2017
Menikmati Escargot dari Kepulauan Riau
Ket Foto : Apabila orang Prancis punya kuliner escargot, maka orang Kepulauan Riau punya gonggong. Ayo coba saat wisata kuliner ke sana

RIAUTERBIT.COM - Apabila orang Prancis punya kuliner escargot, maka orang Kepulauan Riau punya gonggong. Ayo coba saat wisata kuliner ke sana!

Ketika berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu, detikTravel sempat mencoba kuliner khas Kepulauan Riau (Kepri) yang bernama gonggong. Bagi traveler yang belum tahu, gonggong merupakan hewan laut sejenis siput. Ini dia escargotnya orang Kepri.

Di Kepri, menemukan kuliner gonggong pun bukan perkara sulit. Kuliner gonggong ini hampir bisa ditemukan di berbagai restoran seafood yang ada di Kepri. Namun kali ini, Weywey Resto yang berlokasi di Harbour Bay menjadi pilihan.


Di kalangan wisatawan, Harbour Bay memang dikenal sebagai tempatnya kuliner seafood hingga hiburan malam. Weywey resto ini pun merupakan salah satu yang populer.

Tanpa pikir panjang, detikTravel pun langsung memesan menu gonggong. Tak perlu waktu lama, kuliner khas ini pun langsung terhidang di atas meja makan. Tampak juga sejumlah tusuk gigi yang menjadi 'alat' makan.

Biasanya kuliner gonggong hanya diolah dengan cara direbus tanpa dibumbui. Tambahan sambal pun tidak ada, tapi ada kecap asin dan potongan cabe rawit jika menginginkan rasa pedas.

Cara makan gonggong pun cukup mudah. Tusuk bagian daging gonggong yang terlihat di dalam cangkang. Setelah dapat, tariklah daging gonggong itu keluar dari dalam cangkang.

Setelah itu, carilah bagian capit gonggong yang keras. Pastikan Anda tidak menyantap capitnya yang keras itu. Secara tekstur, daging gonggong ini sedikit kenyal seperti cumi-cumi.

Hanya perlu diingat, gonggong merupakan kuliner yang tinggi akan kolesterol. Bagi Anda yang punya masalah kolesterol, ada baiknya membatasi konsumsi gonggong. Di kalangan masyarakat, gonggong juga dipercaya dapat menambah vitalitas.

Seporsi gonggong pun dapat dinikmati dengan harga sekitar Rp 50 ribu per porsi. Mungkin ada traveler yang ingin mencobanya saat berkunjung ke Kepri. (rdy/rdy)


/detikcom/

Akses RiauTerbit.Com Via Mobile m.riauterbit.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »