36 Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota se-Riau Resmi Dilantik

36 Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota  se-Riau Resmi Dilantik
Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau melantik secara resmi 36 anggota Panitia Pengawas Pemilu kabupaten/kota se-provinsi setempat di Gedung Pauh Janggi Pekanbaru.

RIAUTERBIT.COM- Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau melantik secara resmi 36 anggota Panitia Pengawas Pemilu kabupaten/kota se-provinsi setempat di Gedung Pauh Janggi Pekanbaru.

"Selamat atas pengambilan sumpah di hari Jumat ini, bagi pejuang demokrasi, trimaksih juga bagi tim yang telah menyeleksi para calon, " kata Anggota Bawaslu RI,  Rahmat Bagja di Pekanbaru,  Jumat.

Ia menjelaskan di bahu para pejuang demokrasi ini terletak beban tugas yang berat dan ganda karena selain menjadi Panwaslu pada pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah yakni Gubernur Riau dan Bupati Indragiri Hilir 2018. Mereka juga akan bertugas pada Pemilihan Umum DPRD dan DPD serta Presiden 2019.

Dimana pada Pemilu 2019 anggota Panwaslu ini akan mendapatkan tugas tambahan yakni memverifikasi partai politik yang akan ikut Pemilu.

"Satu tahun kedepan adalah masa yang berat karena banyak pekerjaan yang perlu dipantau sebagai pmenjalankanokrasi, " ucapnya.       

Ia mengingatkan ada beberapa hal- hal yang perlu diantisipasi anggota Panwaslu kedepan dalam menjalankan tugas yakni diantaranya masalah koordinasi dengan rekan Komisi Pemilihan Umum setempat, integritas para anggota dilapangan ketika melakukan perekrutan panwascam.

Makanya ia berharap semua anggota yang telah dilantik ini akan segera bekerja sebab proses Pilkada sudah mulai September 2017.

Untuk itu sebut dia mereka yang baru dilantik ini akan diberikan bimbingan teknis secepatnya sehingga segera langsung bertugas sebab tahapan Pilkada Riau sudah mulai September.

"Untuk beberapa hari ini akan ada Bimtek dari Bawaslu kami harapkan mereka secara teknis sudah siap karena ada dari mereka yang sudah pernah jadi Panwas dan KPU, " harapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengucapkan selamat kepada mereka yang sudah dilantik untuk menjadi pengawas pada
Pemilihan kepala daerah Riau dan Bupati Inhil.

Ada kabar gembira yang kami dapat bahwa akan ada hibah tanah untuk pembangunan Kantor Panwaslu Indragiri Hilir akan dibangun.

"Harapan kami semua Panwaslu yang terpilih ini bisa bekerja maksimal, " tambahnya.

Perlu diketahui pelantikan ke-36 anggota Panwaslu kabupaten/kota se-Provinsi Riau dilakukan oleh Ketua Bawaslu Riau Edi Syarifudidin disaksikan Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja dan Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.  

Jumlah mereka tiga orang untuk masing-masing 12 kabupaten/kota se-Riau. Usai pelantikan semua anggota didaulat untuk menandatangani fakta integritas. (alam)

Berita Lainnya

Index